Note

Wapres Minta Terobosan Agar UKM Bisa Akses Pembiayaan Pasar Modal

· Views 38
Wapres Minta Terobosan Agar UKM Bisa Akses Pembiayaan Pasar Modal
Wapres Minta Terobosan Agar UKM Bisa Akses Pembiayaan Pasar Modal (foto: MNC Media)

IDXChannel - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, meminta Bursa Efek Indonesia (BEI) membuat terobosan agar dapat memudahkan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam mengakses pembiayaan di pasar modal.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf, saat hadir dan meresmikan Perdagangan Perdana Pasar Modal 2024 di BEI, Jakarta, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga:
Wapres Minta Terobosan Agar UKM Bisa Akses Pembiayaan Pasar Modal BEI Bidik Jumlah Investor Pasar Modal Tembus 14 Juta di 2024

"Bursa tidak lagi eksklusif milik korporasi besar, tapi juga harus menjadi rumah pendanaan bagi usaha kecil dan menengah atau UKM. Untuk itu, BEI diminta agar tidak terjebak dalam zona nyaman, tapi membuat terobosan agar UKM bisa memperoleh akses pembiayaan dari pasar modal," ujar Ma'ruf, dalam sambutannya.

Ma'ruf meminta BEI dapat mengoptimalkan dan mengembangkan potensi pembiayaan melalui pasar modal dengan peningkatan literasi kepada masyarakat.

Baca Juga:
Wapres Minta Terobosan Agar UKM Bisa Akses Pembiayaan Pasar Modal BEI Sebut 30 Perusahaan Antre IPO di 2024, 9 di Antaranya Raksasa

Hal ini, menurut Ma'ruf, sudah seyogyanya menjadi agenda kerja BEI dan pemangku kepentingan terkait, baik lewat jalur pendidikan formal maupun informal.

"Pemahaman yang semakin baik terhadap investasi, berbanding lurus dengan kecakapan investor dalam pengambilan keputusan investasi, termasuk investasi di pasar modal," tutur Ma'ruf.

Baca Juga:
Wapres Minta Terobosan Agar UKM Bisa Akses Pembiayaan Pasar Modal Tutup 2023, BEI Himpun 120 Emisi Surat Utang Senilai Rp127 Triliun

Terkait dengan peningkatan literasi keuangan tersebut, Ma'ruf menekankan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki peran yang krusial, khususnya dalam penyiapan strategi dan kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.

Tak hanya itu, OJK juga diharapkan Ma'ruf dapat terus mendorong perluasan dan pemerataan akses keuangan, terutama produk pasar modal.

Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf juga menyampaikan bahwa kinerja pasar modal Indonesia sepanjang 2023 telah memberikan optimisme. Selain stabilitas pasar modal yang terjaga, pertumbuhan positif nampak dari meningkatnya aktivitas perdagangan, jumlah penghimpunan dana, serta jumlah investor ritel.

"Investor ritel pasar modal yang kini mencapai 12 juta lebih, mengindikasikan adanya partisipasi masyarakat yang kian baik," ungkap Ma'ruf.

Ma'ruf juga berpesan agar berbagai prestasi BEI dapat memberi suntikan optimisme yang lebih besar lagi, bagi pelaku pasar modal maupun masyarakat luas.

Dengan eksekusi strategi dan kebijakan yang tepat, Ma'ruf meyakini pasar modal Indonesia ke depan bakal mampu berkinerja lebih cerah. 

Ma'ruf menilai keberhasilan kinerja BEI selama ini tidak terlepas dari sinergi semua pemangku kepentingan dan lembaga otoritas, termasuk OJK, melalui peningkatan kualitas produk dan layanan, serta penguatan ekosistem pasar modal Indonesia.

Karenanya, Ma'ruf meminta BEI meningkatkan inovasi dan pemanfaatan teknologi digital dalam layanan kepada para investor di pasar modal.

Ma'ruf juga menekankan pentingnya pengaplikasian teknologi dan digitalisasi, termasuk dalam hal pendalaman pasar modal.

Selain memperluas basis investor maupun emiten, pemanfaatan platform digital akan semakin mempermudah akses pasar modal dan menarik minat masyarakat, khususnya generasi muda dan milenial.

"Untuk itu, para pelaku pasar modal terkait mesti didorong agar terus mengembangkan produk dan layanan yang lebih ramah digital," papar Ma'ruf.

Tak hanya itu, Ma'ruf juga meminta BEI memperluas jejaring dan sinergi pemangku kepentingan guna mendorong peningkatan perdagangan saham di BEI.

"BEI dan Self-Regulatory Organization dengan dukungan OJK agar mempertahankan operasional perdagangan secara maksimal, serta terus menciptakan ekosistem pasar modal yang kondusif dan menarik bagi investor lokal maupun asing," urai Ma'ruf.

BEI juga diharapkan mampu meningkatkan likuiditas perdagangan saham, termasuk aktivitas perdagangan saham dan frekuensi transaksi, serta senantiasa mengedepankan prinsip akuntabilitas, transparansi dan tata kelola yang baik.

"Tingkatkan partisipasi semua pemangku kepentingan untuk turut mempromosikan pasar modal Indonesia dan memanfaatkan beragam media digital dalam edukasi pasar modal," tandas Ma'ruf.

Lebih lannut, Ma'ruf juga meminta pihak terkait mencermati dan menavigasi faktor-faktor global yang berpotensi mendatangkan risiko terhadap perekonomian Indonesia, termasuk bursa efek.

Pada akhir sambutannya, Ma'ruf menyampaikan harapannya agar momen Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia ini 2024 dapat menjadi penanda dimulainya tahun berkah bagi seluruh masyarakat Indonesia. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.