Note

Ditopang Optimisme Awal Tahun, IHSG Hari Ini Berpotensi Menghijau

· Views 15
Ditopang Optimisme Awal Tahun, IHSG Hari Ini Berpotensi Menghijau
Ditopang Optimisme Awal Tahun, IHSG Hari Ini Berpotensi Menghijau (foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini, Selasa (2/1/2024), berpotensi mengalami penguatan di sepanjang perdagangan.

Dengan asumsi tersebut, laju indeks diperkirakan bakal cenderung berkutat dalam rentang 7.123 hingga 7.337.

Baca Juga:
Ditopang Optimisme Awal Tahun, IHSG Hari Ini Berpotensi Menghijau Jelang Rilis Data Inflasi dan APBN, IHSG Hari Ini Diproyeksi Menguat 

Menurut Chief Executive Officer PT Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya, kondisi pasar dalam mengawali 2024 dengan semangat baru dan mulai memasuki tahun politik, terlihat masih dipenuhi optimisme baru.

"Rilis data perekonomian tingkat inflasi pada hari ini disinyalir masih dalam kondisi terkendali akan memberikan warna terhadap pola pergerakan IHSG," ujar William, dalam risetnya, Senin (1/1/2024).

Baca Juga:
Ditopang Optimisme Awal Tahun, IHSG Hari Ini Berpotensi Menghijau Tekanan Jual Bisa Berlanjut, IHSG Diprediksi Bergerak di Level 7.243-7.300

Menurut William, hal tersebut akan menjadi salah satu sentimen yang dapat mendorong kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

Sebelumnya, IHSG berada pada posisi 7.303,89 atau tumbuh 6,62 persen secara year-to-date (ytd). Seiring dengan pertumbuhan tersebut, kapitalisasi pasar juga tumbuh sebesar 23,82 persen, yaitu mencapai sebesar Rp11.762 triliun.

Baca Juga:
Ditopang Optimisme Awal Tahun, IHSG Hari Ini Berpotensi Menghijau IHSG Rawan Koreksi di Hari Pertama 2024, Saham ACES-SMGR Potensi Cuan

IHSG ditutup di zona merah pada sesi terakhir perdagangan tahun lalu. IHSG parkir dengan menderita pelemahan 31,09 poin (0,43 persen) menuju level 7.272,79, meski sempat menembus level tertinggi hariannya di 7.313.

Terdapat 263 saham menguat, 273 saham melemah dan 228 saham stagnan. Transaksi perdagangan mencapai Rp9,0 triliun dari 17,2 miliar saham yang diperdagangkan.

Dengan kondisi pasar yang demikian, William menilai masih ada sejumlah saham yang cukup prospektif, sehingga layak untuk diperhatikan dan masuk dalam daftar rekomendasi.

Deretan saham tersebut, di antaranya, adalah PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

Selain ada juga PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Astra International Tbk (ASII), PT AKR Corporindo tbk (AKRA) dan PT Ciputra Development Tbk (CTRA). (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.