Note

Resmi, CGI Rampungkan Akuisisi CGSCIMB Securities

· Views 54
Resmi, CGI Rampungkan Akuisisi CGSCIMB Securities
Resmi, CGI Rampungkan Akuisisi CGSCIMB Securities (foto: MNC Media)

IDXChannel - CGS-CIMB Securities secara resmi mengumumkan aksi korporasi yang secara otomatis mengubah komposisi kepemilikan saham perusahaan patungan (joint venture/JV) tersebut.

Dalam rilis yang disampaikan ke publik, disebutkan bahwa pihak CGS International Holdings Limited (CGI) telah merampungkan proses akuisisi saham milik CIMB Group Sdn. Bhd (CIMB Group) yang tersisa di CGS-CIMB Securities.

Baca Juga:
Resmi, CGI Rampungkan Akuisisi CGSCIMB Securities Kenalan Sama Waran Terstruktur di Webinar MNC Sekuritas dan CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

Secara lebih rinci, saham yang ditransaksikan meliputi 25,01 persen kepemilikan CIMB Group di CGS-CIMB Securities International Pte. Ltd.(CSI) dan 25 persen saham CIMB Group di CGS-CIMB Holdings Sdn. Bhd.(CCH). Selanjutnya, CSI dan CCH secara bersama-sama disepakati untuk disebut sebagai CGS-CIMB Securities.

Sebagai informasi, CGI sendiri merupakan anak usaha dari China Galaxy Securities Co., Ltd. (CGS), perusahaan sekuritas terbesar keempat di China, dengan lebih dari 15 juta pelanggan.

Baca Juga:
Resmi, CGI Rampungkan Akuisisi CGSCIMB Securities Terapkan Prinsip GCG, CIMB Niaga (BNGA) Juara Umum Annual Report Award 2022

Sedangkan CGS adalah anak usaha dari Central Huijin Investment Co., Ltd., yang sepenuhnya dimiliki oleh China Investment Corporation, lembaga pengelola dana investasi negara terbesar di dunia, dari segi nilai aset yang dikelola. Dengan rampungnya aksi akuisisi kali ini, maka seluruh saham CGS-CIMB Securities kini sepenuhnya dimiliki oleh CGI.

Pada 2018 lalu, CIMB Group dan CGI menjalin kemitraan untuk mengoperasikan pialang saham regional bisnis di Asia, melalui penjualan 50 persen saham CIMB Group dalam bisnis pialang sahamnya kepada CGI. Penjualan tersebut mencakup opsi beli bagi CGI untuk mengakuisisi saham CIMB Group di CGS-CIMB Sekuritas dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga:
Resmi, CGI Rampungkan Akuisisi CGSCIMB Securities CIMB Niaga dan UNICEF Jalin Kolaborasi Strategis Atasi Gizi Buruk untuk Cegah Stunting 

CGI telah melaksanakan opsi beli pertamanya dan menyelesaikan akuisisi masing-masing 24,99 persen dan 25 persen saham CSI dan CCH dari CIMB Group pada tahun Desember 2021.

CGS-CIMB Securities akan terus menawarkan rangkaian komprehensif yang berpusat pada nasabah layanan dan produk seperti perdagangan ekuitas, produk leverage, manajemen kekayaan, perbankan investasi, riset ekuitas, pembiayaan sesuai syariah, pendapatan tetap, mata uang dan komoditas, produk terstruktur, dan layanan perantara utama.

"Sejak 2018, CGS dan CIMB Grup telah bermitra untuk mengembangkan CGS-CIMB Securities menjadi salah satu perusahaan terintegrasi terkemuka
penyedia jasa keuangan di Asia," ujar CEO Group CGS-CIMB Securities, Carol Fong, dalam keterangan resminya.

Karenanya, menurut Fong, pihaknya dengan tulus berterima kasih kepada CIMB Group atas kontribusinya terhadap bisnis dan akan terus memanfaatkan hubungan kuat yang dibangun selama bertahun-tahun untuk dijelajahi peluang kolaborasi lainnya.

"Ke depan, kami akan memperkuat posisi unik kami sebagai hubungan antara China-ASEAN dan pintu gerbang ke Asia, serta memanfaatkan CIC dan CGS kami parentage untuk menghubungkan klien kami dengan lebih banyak peluang investasi di wilayah ini, khususnya di China," tutur Fong.

Pasca penyelesaian, dikatakan Fonf, CGS-CIMB Securities dan CIMB Group akan bekerja sama untuk memastikan minimalnya gangguan dalam pelayanan kepada pelanggan dan kliennya. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.