Note

Bursa Utama Dunia Mulai Terapkan T+1 Tahun Depan , BEI Masih Jauh

· Views 45

 

Pasardana.id- Bursa utama dunia seperti New York Stock Exchange dan National Stock Exchange of India berencana menerapkan penyelesaian transaksi saham T+1 atau satu hari setelah transaksi pada tahun 2024.

Kebijakan itu tidak serta merta akan diikuti oleh Bursa Efek Indonesia karena ingin melihar dampak dari pelaksanaan T+1.

“Kita belum ada rencana sih. Karena masih lihat implementasi T+1 pada bursa di berapa negara,” kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Irvan Susandy di Jakarta, Jumat(29/12/2023).

Ia beralasan percepatan penyelesaian transaksi lebih menguntungkan investor asing karena terkait perbedaan zona waktu dan keberadaan sahamnya.

“Kalau investor ritel kan  sahamnya tercatat di KSEI dan di AB ( anggota Bursa) jadi pemendekan waktu penyelesaian lebih kepada investor asing,” Jelas dia.

Lebih jauh dia bilang penerapan T+1 bukanlah satu satu jalan untuk meningkatkan nilai transaksi harian sebab sulit untuk membuktikan peningkatan transaksi harian bursa didorong oleh pemendekan waktu penyelsaian transaksi.

“Sebab peningkatan RNTH juga ada faktor ekonomi, sebab variable peningkatan transaksi banyak,” kata dia.

Namun dia tidak menolak bahwa secara teoritis pemendekan waktu penyelesaian transaksi turut meningkatkan Rata-Rata Nilai Transaksi Harian (RNTH) bursa karena perputaran uang lebih cepat.

“Tapi apakah itu pendorong sekian persen, saya pikir tidak bisa menghitung secara pasti,” jelas dia.

Terlebih kata dia, penerapan T+1 di bursa India tidak untuk semua investor tapi hanya untuk lokal investor.

“Kalau hanya untuk lokal investor, di BEI juga sudah bisa karena barang ada disini,” ungkap dia.   

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.