Note

Prospek Untuk EUR/USD pada 29 Desember. Dolar pada akhirnya bangkit

· Views 31

Analisis dari EUR/USD 5M

Prospek Untuk EUR/USD pada 29 Desember. Dolar pada akhirnya bangkit

EUR/USD pada akhirnya mengingat logika dan akal sehat pada hari Kamis. Sama seperti pada hari Rabu, pasangan mata uang ini mengalami penurunan dan hampir sepenuhnya menghapuskan kenaikan sehari sebelumnya. Namun, hal ini tidak memengaruhi gambaran teknis secara apa pun. Harga masih berada dalam saluran naik, telah menguji garis kritis tetapi gagal untuk melewatinya. Oleh karena itu, euro bisa naik hari ini dan melanjutkan tren naiknya.

Sementara itu, spiral terakhir dari pergerakan naik tampaknya berlangsung lebih lama dari yang diharapkan. Sebelumnya, kami menyebutkan bahwa koreksi bullish selama tiga bulan terus berlanjut, dan sekarang kami mengatakan bahwa bagian terakhirnya berlangsung lebih lama dari yang diharapkan. Secara keseluruhan, hal ini mengindikasikan bahwa euro terus naik secara umum, meskipun hanya didukung oleh faktor-faktor teknis.

Tentu saja, tidak ada peristiwa fundamental atau laporan ekonomi kemarin. Lebih tepatnya, Amerika Serikat merilis laporan tentang klaim pengangguran awal, tetapi nilainya hampir tidak berbeda dari perkiraan, sehingga tidak dapat menyebabkan reaksi yang kuat. Dolar mengalami penurunan pada awal sesi perdagangan AS, tetapi bukan sebagai tanggapan terhadap laporan ini.

Mengenai sinyal perdagangan, sinyal jual yang baik terbentuk selama sesi Eropa, tetapi harus ditutup selama sesi AS karena harga tiba-tiba naik. Lebih dekat ke malam, sinyal jual lainnya terbentuk di sekitar level 1.1092. Dua posisi pendek menghasilkan keuntungan, sedangkan satu posisi panjang mengakibatkan kerugian.

Laporan COT :

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Prospek Untuk EUR/USD pada 29 Desember. Dolar pada akhirnya bangkit

Laporan COT terbaru berasal dari tanggal 19 Desember. Pada paruh pertama tahun 2023, posisi bersih pedagang komersial hampir tidak meningkat, tetapi euro tetap relatif tinggi selama periode ini. Kemudian, euro dan posisi bersih keduanya turun selama beberapa bulan, seperti yang kami antisipasi. Namun, dalam beberapa minggu terakhir, baik euro maupun posisi bersihnya telah meningkat. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa pasangan ini sedang melakukan koreksi naik, tetapi koreksi tersebut tidak dapat berlangsung lama karena masih merupakan koreksi.

Kami sebelumnya mencatat bahwa garis merah dan hijau telah bergerak cukup jauh satu sama lain, yang sering mendahului akhir tren. Saat ini, garis-garis ini kembali terpisah. Oleh karena itu, kami mendukung skenario di mana euro seharusnya turun dan tren naik harus berakhir. Selama minggu pelaporan terakhir, jumlah posisi long untuk kelompok non-komersial berkurang sebanyak 23.800, sementara jumlah posisi short meningkat sebanyak 8.900. Akibatnya, posisi bersih turun sebanyak 32.700. Jumlah kontrak beli masih lebih tinggi daripada jumlah kontrak jual di antara pedagang non-komersial sebanyak 115.000. Kesenjangan ini signifikan, dan bahkan tanpa laporan COT, jelas bahwa euro seharusnya terus turun.

Analisis dari EUR/USD 1H

Prospek Untuk EUR/USD pada 29 Desember. Dolar pada akhirnya bangkit

Pada grafik 1 jam, EUR/USD terus melanjutkan pergerakan naik yang kuat dan mantap. Kami percaya bahwa euro telah naik sangat tinggi, tetapi masih naik dalam saluran. Oleh karena itu, satu-satunya hal yang bisa kita lakukan sekarang adalah mengikuti tren. Jika harga konsolidasi di bawah saluran, itu bisa membawa pembalikan bearish yang dinanti-nantikan.

Hari ini, kami menyarankan untuk mempertimbangkan posisi beli baru jika harga memantul dari garis Kijun-sen. Dalam hal ini, pergerakan naik mungkin akan berlanjut dengan target pada 1.1137, yang sudah diuji. Namun, ada kemungkinan besar untuk memperpanjang penurunan jika harga konsolidasi di bawah garis Kijun-sen dan saluran naik. Dalam hal ini, lebih masuk akal untuk menjual dengan target pada 1.1006 dan 1.0935.

Pada tanggal 29 Desember, kami menyoroti level-level berikut untuk perdagangan: 1.0658-1.0669, 1.0757, 1.0818, 1.0889, 1.0935, 1.1006, 1.1092, 1.1137, 1.1185, 1.1234, 1.1274, serta Senkou Span B (1.0877) dan Kijun-sen (1.1060). Garis-garis indikator Ichimoku dapat berubah selama hari, jadi hal ini harus diperhitungkan saat mengidentifikasi sinyal perdagangan. Ada juga level-level dukungan dan resistensi tambahan, tetapi sinyal tidak terbentuk di dekat mereka. Sinyal dapat berupa "pantulan" dan "penembusan" dari level dan garis ekstrim. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss impas jika harga telah bergerak dalam arah yang benar sebanyak 15 pips. Ini akan melindungi dari potensi kerugian jika sinyal ternyata palsu.

Pada hari Jumat, tidak akan ada peristiwa atau laporan penting. Oleh karena itu, pergerakan akan "murni teknis" sekali lagi.

Deskripsi dari grafik:

Level-level Support dan Resistance adalah garis merah tebal yang dekat dengan mana tren dapat berakhir. Mereka tidak memberikan sinyal trading;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B adalah garis dari indikator Ichimoku, digambarkan pada kerangka waktu 1 jam dari kerangka waktu 4 jam. Mereka memberikan sinyal trading;

Level-level ekstrem adalah garis merah tipis dari mana harga sebelumnya memantul. Mereka memberikan sinyal trading;

Garis-garis kuning adalah garis tren, saluran tren, dan pola teknis lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk setiap kategori trader;

Indikator 2 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk kelompok Non-Komersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.