Note

Hari Terakhir 2023, IHSG Hari ini Diprediksi Bakal Menguat

· Views 37
Hari Terakhir 2023, IHSG Hari ini Diprediksi Bakal Menguat
Hari Terakhir 2023, IHSG Hari ini Diprediksi Bakal Menguat (foto: MNC Media)

IDXChannel - Aktivitas perdagangan di industri pasar modal nasional pada 2023 ini telah sampai pada hari terakhir.

Dengan kondisi tersebut, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bakal mampu bertahan di zona penguatan.

Baca Juga:
Hari Terakhir 2023, IHSG Hari ini Diprediksi Bakal Menguat IHSG Diproyeksi Konsolidasi Dipicu Sederet Sentimen, Apa Saja?

Dengan demikian, jika asumsi tersebut benar-benar terbukti, maka posisi level psikologis baru di 7.300 dapat dipastikan akan tetap tergenggam hingga momen pergantian tahun.

Menurut Equity Sales NH Korindo Sekuritas, Muhammad Syahrizannas, pergerakan secara teknikal IHSG membentuk sebuah candle yang cenderung menguat sehingga volume yang dihasilkan hanya rotasi sektoral.

Baca Juga:
Hari Terakhir 2023, IHSG Hari ini Diprediksi Bakal Menguat IHSG Sesi I Naik ke 7.286, Sektor Properti hingga Keuangan di Zona Hijau

"Kalau dilihat memang flow asing yang begitu masif di minggu-minggu terakhir, bahkan di beberapa hari terakhir menuju 2024 ini memang nampaknya masih menyasar saham-saham big caps atau dalam hal ini big bank juga yang disasar," ujar Syahrizannas, dalam IDX 2nd Session Closing Market, Kamis (28/12/2023).

Berdasarkan 10 tahun terakhir, menurut Syahrizannas, bulan Desember memang cukup punya probabilitas yang positif karena tahun ini window dressing terjadi, tidak seperti tahun 2022 yang masih dalam bayang-bayang konflik global.

Baca Juga:
Hari Terakhir 2023, IHSG Hari ini Diprediksi Bakal Menguat IHSG Hari Ini Ditutup Menguat ke 7.303, JAWA dan AISA Jadi Top Gainers

"Pergerakan selama kurun waktu year to date aja indeks itu sudah cukup tinggi penguatannya di 5% untuk indeksnya sendiri, kalau untuk sampai dengan Desember ini akan ditutup positif," tutur Syahrizannas.

Dari NH Korindo Sekuritas melihat IHSG ditutup tahun ini akan bertengger di 7.355. Hal itu karena all time high (ATH) memang sudah di 7.377, tetapi dengan flow asing yang begitu masif, net inflow tidak begitu besar untuk menopang indeks.

Walaupun memang jika berkaca pada pasar obligasi, menurut Syahri inflow yang terjadi mencapai puluhan triliun rupiah. Namun, nyatanya yang terjadi di equity market ini masih cenderung sepi.

"Transaksi harian aja hari ini berkisar Rp8,16 triliun, alhasil periode hari ini masih sepi untuk indeks, yang masih diinvestasikan mereka pelaku pasar melihat big bank ini," ungkap Syahrizannas.

Dengan kondisi pasar yang demikian, NH Korindo meyakini masih ada sejumlah saham yang cukup prospektif, sehingga layak masuk daftar rekomendasi.

Deretan saham prospektif tersebut adalah sebagai berikut
UNTR 22175 - 23900 BUY
ICBP 10475 - 11100 BUY
SMRA 550 - 600 BUY
JSMR 550 - 600 BUY

(TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.