Note

Banjir Sentimen Positif, Saham Taipan Tanoko AVIA hingga CLEO Terbang Lagi

· Views 51
Banjir Sentimen Positif, Saham Taipan Tanoko AVIA hingga CLEO Terbang Lagi
Banjir Sentimen Positif, Saham Taipan Tanoko AVIA hingga CLEO Terbang Lagi. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Saham emiten milik keluarga Tanoko kembali melejit pada lanjutan sesi I, Kamis (28/12/2023) di tengah adanya sejumlah kabar positif terkait perseroan.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 10.06 WIB, saham perusahaan cat PT Avia Avian Tbk (AVIA) melesat 13,00 persen ke Rp565 per saham, melanjutkan lonjakan 17,37 persen pada Rabu (27/12).

Baca Juga:
Banjir Sentimen Positif, Saham Taipan Tanoko AVIA hingga CLEO Terbang Lagi Giliran Saham Taipan Tanoko Terbang, AVIA hingga CLEO to the Moon

Saham AVIA rebound usai mengalami tekanan jual sepanjang tahun. Apabila pembalikan arah ini meyakinkan, saham AVIA berpeluang meredakan downtrend sejak tengah tahun ini. Namun, jika gagal, kenaikan ini berpotensi hanya sesaat (dead cat bounce).

Kabar teranyar, dalam keterbukaan informasi (22 Desember 2023), berdasarkan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 7 Desember 2023, perseroan telah menunjuk PT Sucor Sekuritas selaku anggota bursa yang akan melakukan proses pembelian kembali (buyback) saham Perseroan melalui BEI.

Baca Juga:
Banjir Sentimen Positif, Saham Taipan Tanoko AVIA hingga CLEO Terbang Lagi Diam-Diam Pabrik Air Minum Milik Hermanto Tanoko (CLEO) Sudah Beroperasi di IKN

AVIA sendiri sudah mendapat persetuan pemegang saham untuk melaksanakan buyback saham hingga senilai Rp1 triliun dalam RUPSLB tersebut.

AVIA akan melakukan buyback sebanyak-banyaknya 1,42 miliar lembar atau sekitar 2,3 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan.

Baca Juga:
Banjir Sentimen Positif, Saham Taipan Tanoko AVIA hingga CLEO Terbang Lagi Emiten Cat Milik Hermanto Tanoko (AVIA) Raih Restu Buyback Rp1 Triliun

Kemudian, sama miten produsen air minum dalam kemasan (AMDK) PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) juga melambung 7,86 persen. Pada Rabu (27/12), saham CLEO terbang 9,38 persen.

Kabar terbaru, pabrik AMDK milik CLEO atau Tanobel resmi beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) emiten milik konglomerasi Tancorp, Hermanto Tanoko, itu menembus Rp300 miliar. Hal ini diketahui dari unggahan akun media sosial Instagram resmi perusahaan.

“Tanpa basa-basi, produsen AMDK Tanobel, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) telah beroperasi di IKN pada akhir 2023,” tulis unggahan di akun Tancorp.id, dikutip Selasa (26/12/2023).

Adapun pabrik ini bertempat di Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Jaraknya sekitar 40 menit dari Titik Nol IKN.

Seluruh dana capex Rp300 miliar telah digunakan untuk pembangunan pabrik baru, pengembangan, penambahan mesin, hingga jaringan wilayah distribusi di seluruh wilayah.

Menyongsong 2024, perseroan menganggarkan nilai capex yang sama, yakni di kisaran Rp300 miliar. Manajemen berencana untuk kembali mengembangkan pabrik, menambah pabrik baru hingga mesin.

CLEO juga membidik peningkatan kapasitas produksi, otomatisasi, dan perluasan jaringan distribusi.

Secara keseluruhan, CLEO memiliki 32 pabrik. Setahun ke depan, perseroan akan membangun 3 pabrik baru yang berlokasi di Palu, Pontianak, dan Pekanbaru.

Sebelumnya, CLEO berhasil mengantongi persetujuan pemegang saham untuk mengakuisisi perusahaan distributor, PT Sentralsari Primasentosa (SPS)

Keputusan ini ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Independen CLEO di Surabaya, Jumat (22/12/2023).

Nilai pengambilalihan saham tersebut mencapai Rp180 miliar. Demi merampungkan proses ini, SPS akan menerbitkan 100.000 lembar saham baru, yang setara dengan 80% kepemilikan saham) pada kuartal IV 2023.

Sentimen positif di muka tersebut juga menjalar ke saham-saham Tanoko lainnnya, seperti emiten yang merupakan distributor farmasi, alat kesehatan dan produk kesehatan/kosmetik konsumen PEVE yang melesat 9,09 persen, emiten keramik CAKK menguat 6,32 persen, dan DEPO 3,81 persen.

Mengutip Forbes, Hermanto dan Wijono Tanoko mengendalikan Avia Avian, yang disebut merupakan perusahaan cat dalam negeri terbesar kedua di Indonesia.

 Avia Avian didirikan pada 1978 oleh ayah mereka Soetikno Tanoko.

Di bawah kepemimpinan Hermanto, keluarga Tanoko telah mengembangkan bisnis ke bidang FMCG, properti, dan ritel. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.