Note

Caplok 42,97 Persen, Perusahaan Hong Kong Jadi Pengendali Baru Voksel Electric (VOKS)

· Views 46
Caplok 42,97 Persen, Perusahaan Hong Kong Jadi Pengendali Baru Voksel Electric (VOKS)
Caplok 42,97 Persen, Perusahaan Hong Kong Jadi Pengendali Baru Voksel Electric (VOKS)

IDXChannel - Perusahaan asal Hong Kong, Hengtong Optic-Electric International Co Ltd atau Hengtong resmi mengakuisisi 42,97% saham PT Voksel Electric Tbk (VOKS). 

Pada 22 Desember 2023, Hengtong membeli sebanyak 1,78 miliar saham VOKS yang mewakili sekitar 42,97% dari seluruh jumlah modal yang ditempatkan dan disetor dari perseroan.

Baca Juga:
Caplok 42,97 Persen, Perusahaan Hong Kong Jadi Pengendali Baru Voksel Electric (VOKS) Voksel Electric (VOKS) Raup Pendapatan Rp1,35 Triliun, Ini Segmen dengan Kontribusi Terbesar

“Atas pelaksanaan transaksi tersebut di atas, Hengtong kemudian menjadi pemegang saham pengendali baru perseroan,” tulis manajemen VOKS dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (27/12/2023).

Hengtong membeli saham perseroan pada harga Rp226 per saham. Dengan harga tersebut, Hengtong merogoh kocek Rp403,56 miliar untuk transaksi ini.

Baca Juga:
Caplok 42,97 Persen, Perusahaan Hong Kong Jadi Pengendali Baru Voksel Electric (VOKS) VOKS Optimistis Capai Penjualan Rp3 T Hingga Akhir Tahun

Setelah transaksi tersebut, Hengtong memiliki 3,03 miliar saham VOKS dengan persentase kepemilikan sebesar 73,05% dari seluruh saham perseroan yang telah dikeluarkan dan disetor penuh yang dimiliki oleh Hengtong secara langsung maupun tidak langsung.

Adapun saham saat ini dimiliki melalui perantara pedagang efek mereka, yakni DBS Vickers (Hong Kong) Limited A/C Client.

Baca Juga:
Caplok 42,97 Persen, Perusahaan Hong Kong Jadi Pengendali Baru Voksel Electric (VOKS) Voksel Elektric Terbitkan Obligasi Rp100 Miliar

Tujuan transaksi tersebut sebagai langkah investasi dan memberikan nilai tambah bagi Hengtong. Pasalnya, perseroan merupakan salah satu perusahaan berkembang yang bergerak di bidang industri, pemasaran jasa kelistrikan, dan telekomunikasi.

“Sementara, tujuan pengendalian adalah untuk memberikan nilai tambah bagi Hengtong,” lanjut manajemen VOKS.

Sebagai informasi, sebelum pengambilalihan, Hengtong dan perseroan memiliki hubungan afiliasi secara tidak langsung, di mana Hengtong memiliki secara tidak langsung sebanyak 1,25 miliar saham yang mewakili sekitar 30,08% dari seluruh jumlah saham yang diterbitkan oleh perseroan.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.