Note

Fitch Agency memperkirakan tiga pemotongan suku bunga oleh ECB, BoE, dan FOMC pada tahun 2024

· Views 29

Fitch Agency memperkirakan tiga pemotongan suku bunga oleh ECB, BoE, dan FOMC pada tahun 2024

Meskipun topik suku bunga bank sentral menjadi kurang signifikan dalam beberapa bulan terakhir, pasar terus memantau dengan cermat setiap perubahan yang mungkin terjadi. Suku bunga tetap tidak berubah selama beberapa bulan di UE, AS, dan Inggris. Meski demikian, pasar tetap memperhatikan topik ini. Meskipun pasar biasanya mencermati setiap pernyataan dari perwakilan Komite Kebijakan Moneter untuk mengumpulkan informasi mengenai kemungkinan kenaikan suku bunga, fokusnya kini telah bergeser. Semua orang menantikan pelonggaran kebijakan pada tahun 2024, dan pertanyaan tentang bank sentral mana yang akan mengambil tindakan pertama kali merupakan hal yang sangat menarik.

Jika kita hanya melihat inflasi (yang masuk akal), Bank Sentral Eropa harus menjadi pihak pertama yang melakukan penurunan suku bunga. Inflasi zona euro telah turun menjadi 2,4%, sementara di Amerika Serikat sebesar 3,1% dan di Inggris sebesar 3,9%. Namun, terdapat banyak alasan untuk meyakini bahwa Indeks Harga Konsumen akan sedikit meningkat di musim dingin, sehingga ECB tentu tidak akan terburu-buru menurunkan suku bunga dan akan menunggu setidaknya hingga musim semi. Sedangkan bagi Federal Reserve dan Bank of England, saat ini tidak ada alasan untuk menurunkan suku bunga karena inflasi masih terlalu jauh dari target. Di AS, baru-baru ini terjadi lonjakan harga konsumen hingga 3,7%, sehingga FOMC tidak akan mengambil risiko. Selain itu, BoE tidak punya alasan untuk menurunkan suku bunga dalam waktu dekat. Gubernur BoE Andrew Bailey berbicara tentang kemungkinan kenaikan suku bunga lagi seminggu yang lalu, sehingga pertanyaan mengenai penurunan suku bunga tidak ada dalam agenda.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Fitch Agency memperkirakan tiga pemotongan suku bunga oleh ECB, BoE, dan FOMC pada tahun 2024

Lembaga pemeringkat Fitch telah merilis laporan yang menyatakan bahwa tahun depan ketiga bank sentral mungkin menurunkan suku bunga sebesar 75 basis poin. Badan tersebut percaya bahwa penurunan suku bunga akan lebih bertahap dan lancar dibandingkan apa yang diperkirakan pasar saat ini. Kenaikan tajam biaya pinjaman telah menyebabkan penurunan volume pinjaman rumah tangga dan bisnis, sehingga perekonomian akan "dingin" tahun depan. Hal ini berlaku di UE, Inggris, dan Amerika Serikat.

Menurut pendapat saya, frase kunci dalam rilis tersebut adalah pemotongan suku bunga sebesar 75bps oleh ketiga bank sentral. Hal ini menyiratkan bahwa bank sentral akan bergerak sejalan satu sama lain dalam proses pelonggaran kebijakan. Oleh karena itu, dolar, euro, dan pound tidak akan mendapatkan keuntungan secara individual dari perubahan kebijakan moneter satu bank sentral.

Berdasarkan analisa, saya menyimpulkan bahwa pola gelombang bearish masih terbentuk. Pasangan ini telah mencapai target di sekitar angka 1.0463 dan fakta bahwa pasangan ini belum melampaui level ini menunjukkan bahwa pasar siap untuk membangun gelombang korektif. Wave 2 atau b telah mengambil bentuk yang lengkap, jadi dalam waktu dekat, saya memperkirakan wave menurun impulsif 3 atau c akan terbentuk dengan penurunan signifikan pada instrumen. Saya masih memperkirakan pasangan ini akan turun dengan target di bawah titik rendah gelombang 1 atau a. Upaya yang gagal untuk menembus level 38.2% mungkin menunjukkan bahwa pasar siap untuk menjual.

Fitch Agency memperkirakan tiga pemotongan suku bunga oleh ECB, BoE, dan FOMC pada tahun 2024

Pola gelombang untuk pasangan GBP/USD menunjukkan penurunan dalam gelombang menurun 3 atau c. Saat ini, saya dapat merekomendasikan penjualan instrumen dengan target di bawah angka 1.2039 karena wave 2 atau b akan berakhir, dan hal tersebut dapat terjadi kapan saja. Semakin lama, semakin kuat jatuhnya. Puncak gelombang e yang diasumsikan pada 2 atau b dapat digunakan untuk short position dan order yang membatasi potensi kerugian pada transaksi dapat ditempatkan di atasnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.