Note

ANALIS MARKET (27/12/2023) : IHSG Masih Akan Bergerak Bullish

· Views 31

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, Ketiga indeks saham utama AS naik dalam perdagangan ringan sehari setelah liburan Natal (26/12), dengan S&P 500 menyentuh level intraday tertinggi sejak Januari 2022.

Pada hari Jumat (22/12), ketiga indeks tersebut mencatatkan kenaikan mingguan 8x berturut-turut, merupakan pendakian mingguan terpanjang dalam beberapa tahun terakhir didukung data ekonomi yang mengindikasikan trend inflasi menurun mendekati target rata-rata tahunan The Fed sebesar 2%.

Indeks S&P 500 tinggal selangkah lagidari level penutupan tertinggi sepanjang masa yang dicapai pada Januari 2022.

Penutupan di atas level tersebut (4.796,56) akan mengonfirmasi bahwa indeks acuan telah berada dalam pasar bullish sejak menyentuh bottom Oktober 2022.

Perdagangan pasar saham dengan volume tipis sehari setelah Natal juga terjadi di Australia, Hong Kong; sementara Inggris dan Jerman ditutup untuk Boxing Day.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun turun tipis pada yield 3,895%, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 2 tahun naik 1,8 basis poin pada yield 4,3584%. Indeks Dollar (DXY) tergelincir 0,17% ke level 101,47, naik sedikit dari level terendah 5bulan di 101,42 yang dicapai pada hari Jumat. Dollar yang melemah membantu mengangkat Euro naik 0,3% menjadi USD1,104. Para investor masih mencerna data yang dirilis pada hari Jumat yang menunjukkan harga harga di AS turun di bulan November untuk pertama kalinya dalam lebih dari 3,5 tahun, menggarisbawahi daya tahan ekonomi. Acuan Inflasi yang paling digemari The Fed, yang diukur dengan indeks harga Personal Consumption Expenditures (PCE), turun 0,1% mom dan 3.2% yoy di bulan Nov. Kedua hasil lebih rendah dari ekspektasi, menunjukkan trend Inflasi aman terkendali.

KOMODITAS: Harga MINYAK melonjak lebih dari 3% di awal sesi ke level tertinggi dalam hampir sebulan, karena hal-hal bervariasi seperti : gejolak politik Timur Tengah yang masih terus berlanjut; namun di satu sisi juga investor berharap penurunan suku bunga akan mendorong pertumbuhan ekonomi global dan permintaan akan bahan bakar. Minyak mentah AS memangkas kenaikan sebelumnya dan berakhir naik 2,1% pada USD75,12 per barel dan Brent berada di USD80,66, naik 2,01% pada hari itu. EMAS spot naik 0,7% menjadi USD2.067,19 per ons.

IHSG menancapkan kuku dengan mantap di titik closing 7237.52, masih tertib di jalur Uptrend.

Dalam 3 hari trading yang tersisa, analis NH Korindo Sekuritas memperkirakan volume transaksi akan rendah, oleh karena itu, TARGET AKHIR TAHUN lanjutan di area all-time-high 7355- 7377 bisa jadi disimpan untuk Januari.

“IHSG masih akan bergerak Bullish,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset Selasa (27/12).

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.