Note

India Kini Jadi Primadona Baru buat Investor Saham

· Views 35
India Kini Jadi Primadona Baru buat Investor Saham
Ilustrasi. Foto: Pixabay
Jakarta

India saat ini menjadi salah satu negara yang kini dilirik oleh banyak investor untuk berinvestasi. Manajer investasi dari Piper Serica Advisors Abhay Agarwal menceritakan saat ini banyak investor asing yang menghubunginya untuk mendapatkan informasi tentang India.

Dikutip dari CNN disebutkan, investor tersebut berasal dari Eropa hingga Amerika Serikat. "Dulunya, mereka tak pernah berpikir untuk berinvestasi di India," kata dia dikutip dari CNN, Selasa (26/12/2023).

Banyak pertanyaan yang datang kepadanya. Mulai dari keamanan hingga kebijakan dan hukum di India. Keingintahuan para investor ini berawal saat pasar saham India mencetak rekor tertinggi dan nilai pasar perusahaan yang melantai di bursa India menyentuh US$ 4 triliun pada akhir November lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat ini, India punya dua bursa utama yaitu National Stock Exchange of India dan Bombay Stock Exchange. "Banyak yang tertarik dengan India," ujar dia.

Agarwal mengungkapkan, investor yang berminat menanamkan modal di India merupakan investor jangka panjang. Minimal 10 tahun dan bukan cuma investasi satu tahun saja.

Dari data Sensex India, ada 30 perusahaan besar yang nilainya naik lebih dari 16% hingga tahun ini. Sementara indeks Nifty 50 naik lebih dari 17%.

Bursa saham India juga mencatatkan lonjakan penawaran umum perdana. Dalam sembilan bulan pertama tahun 2023 ada sekitar 150 perusahaan yang melantai di bursa India.

India disebut semakin memukau, sedangkan China semakin redup. International Monetary Fund (IMF) memperkirakan India bakal tumbuh hingga 6,3% tahun ini dan beberapa ekonom memprediksi pertumbuhan bisa mendekati 7%.

Pada 30 September 2023 lalu, India mencatat pertumbuhan ekonomi 7,6%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan prediksi bank sentral.

(kil/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.