Note

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Dilantik Jadi Ketua KASB IAI

· Views 58
Direktur Penilaian Perusahaan BEI Dilantik Jadi Ketua KASB IAI
Direktur Penilaian Perusahaan BEI Dilantik Jadi Ketua KASB IAI (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna resmi dilantik menjadi Ketua Kompartemen Akuntan Sektor Bisnis (KASB), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Periode 2023-2027.

KASB merupakan kompartemen baru yang dibentuk Dewan Pengurus Nasional IAI seiring kebutuhan profesi akuntan tak hanya menyusun laporan keuangan, juga mengintegrasikan dengan laporan keberlanjutan (Sustainability Report) yang berstandar internasional.

Pengurus KASB bertanggung jawab dalam memastikan regenerasi akuntan yang berintegritas dan berkualitas, sesuai tuntutan keberlanjutan ekonomi. Saat ini IAI memiliki lebih dari 30.000 anggota yang tersebar di berbagai wilayah.

“Saya mengimbau kalangan emiten dan perusahaan tercatat di BEI agar dapat mengidentifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) akuntansi dan keuangan yang memenuhi syarat untuk dapat membangun profesi dengan menjadi anggota IAI,” kata Ketua KASB, I Gede Nyoman Yetna, dalam sambutan usai pelantikan, Jumat (22/12/2023).

Pengungkapan laporan berkelanjutan bagi perusahaan menjadi kebutuhan saat ini, selain menjadi upaya mendorong transparansi bisnis, juga meningkatkan prinsip keberlanjutan, salah satunya yang menyangkut dampak aktivitas bisnis perusahaan terhadap perubahan iklim.

Dinamika regulasi hingga ekspektasi dari pemangku kepentingan dalam mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dalam laporan keuangan inilah yang memerlukan keahlian akuntan untuk tidak hanya menyusun laporan keuangan yang akurat, tetapi juga merinci dampak sosial dan lingkungan perusahaan. 

Melalui KASB IAI, Nyoman mengharapkan dapat menjadi simbol komitmen para akuntan untuk menerapkan prinsip keberlanjutan, serta menjadi wadah untuk berdiskusi dan berkumpul dalam membahas isu bisnis terkini.

“BEI mendukung penuh update perkembangan standar berkelanjutan di Indonesia, dan tentu kami sangat berharap dapat memberikan sharing kepada akuntan di level corporate terkait laporan yang terintegrasi antara Financial Report dengan Sustainability Report,” papar Nyoman.

Ketua Dewan Pengurus Nasional IAI Ardan Adiperdana menambahkan KASB IAI dapat mengedukasi masyarakat terkait pentingnya peran akuntan dalam pasar modal, industri perbankan, keuangan non-bank, dan seluruh sektor usaha.

Ardan juga memberi arahan agar KASB dapat menjalankan programnya di seluruh wilayah Indonesia, kompartemen lain, dan pihak terkait dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran.

“Salah satu program yang akan dijalankan oleh KASB IAI adalah meningkatkan jumlah anggota utama IAI pemegang sertifikasi Chartered Accountant (CA) melalui kerja sama dengan emiten dan entitas bisnis di Indonesi,” terang Ardan.

Dalam konteks pasar modal, saat ini BEI memiliki lebih dari 900 perusahaan teratat dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai lebih dari Rp11.500 triliun. KASB IAI, terang Ardan, dihadapkan pada tanggung jawab besar untuk memastikan setiap laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntan sektor bisnis memenuhi standar keberlanjutan.

“Melalui kepeloporan KASB IAI, akuntan sektor bisnis diharapkan menjadi agen perubahan yang menginspirasi generasi penerus, membeirkan kontribusi nyata, terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan, dan menciptakan iklim bisnis yang sehat, transparan, dan akuntabel,” tutupnya.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.