Note

Smelter Morowali yang Tungkunya Meledak Setop Operasi, Ini 3 Faktanya

· Views 47
Smelter Morowali yang Tungkunya Meledak Setop Operasi, Ini 3 Faktanya
Foto: Istimewa
Jakarta

Smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) ditutup sementara usai tungku smelternya meledak dan menimbulkan korban jiwa. Penutupan smelter ini diungkapkan langsung oleh PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) selaku pengelola kawasan industri yang ditempatkan ITSS.

Media Relations Head PT IMIP Dedy Kurniawan menjelaskan tim gabungan sedang melakukan investigasi mendalam atas kejadian ini maka dari itu smelter terpaksa ditutup sementara. Dedy bilang imbas ledakan dan kebakaran tungku smelter ITSS harus ada perbaikan besar di lokasi yang terbakar untuk bisa dioperasikan kembali.

"Iya benar (smelter ditutup). Alasannya karena kasus kecelakaan kemarin. Tim gabungan masih melakukan investigasi. Selain itu juga butuh waktu untuk perbaikan di lokasi yang terbakar untuk dapat dioperasikan kembali," kata Dedy ketika dikonfirmasi detikcom, Senin (25/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini 3 fakta soal penutupan smelter yang meledak dan memakan korban jiwa:

1. Tunggu Selesai Investigasi

Soal berapa lama penutupan sementara ini dilakukan, Dedy bilang pihaknya tak bisa memastikan. Semua tergantung dari proses investigasi yang ada. Setelah investigasi selesai, perbaikan pun baru bisa dilakukan.

"Kami tidak bisa memastikan. Yang jelas perbaikan baru bisa dilakukan setelah tim gabungan selesai melakukan investigasi," sebut Dedy.

2. Tiga Kementerian Turun Tangan

Sederet kementerian memang sudah menerjunkan tim ke IMIP soal kecelakaan besar yang memakan korban jiwa ini. Setidaknya, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Ketenagakerjaan sudah menerjunkan tim investigasi dan pengawasan ke lokasi kejadian.

Begitu, juga Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi pun bakal menerjunkan tim investigasi ke smelter PT ITSS di IMIP Morowali.

3. Korban Dapat Santunan

Dedy juga menyatakan pihaknya akan memberi santunan dan menjamin biaya perawatan kepada para korban ledakan tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS). Besaran santunan yang diberikan sebesar Rp 174,4 juta.

Pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan dan menangani peristiwa ini dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, PT IMIP akan memberikan santunan awal sebesar Rp 25 juta per orang bagi setiap korban yang meninggal dunia hingga biaya pengantaran jenazah hingga tiba di rumah masing-masing korban.

"Jajaran Direksi dan seluruh karyawan kawasan industri PT IMIP sangat menyesalkan peristiwa tersebut dan ikut berbela sungkawa terhadap seluruh karyawan yang menjadi korban dalam peristiwa. PT IMIP memberikan santunan awal sebesar Rp 25 juta per orang bagi setiap korban meninggal dunia, juga biaya pengantaran jenazah hingga tiba di rumah keluarga masing-masing," kata Dedy dalam keterangan tertulis.

(hal/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.