Note

Tungku Smelter di Morowali Meledak, Serikat Pekerja Endus Pelanggaran K3

· Views 33
Tungku Smelter di Morowali Meledak, Serikat Pekerja Endus Pelanggaran K3
Ledakan hebat terjadi di smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) Morowali/Foto: Istimewa
Jakarta

Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) mengendus adanya pelanggaran aturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atas insiden meledaknya tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng). Hal ini disampaikan oleh Presiden ASPEK Indonesia Mirah Sumirat.

Mirah menilai karena adanya pelanggan tersebut menyebabkan banyak korban jiwa dan korban luka-luka berjatuhan. Laporan terbaru menyebutkan sedikitnya ada 13 korban meninggal dunia akibat tragedi itu.

"Kecelakaan kerja di lingkungan perusahaan PT ITSS ini merupakan tragedi kemanusiaan yang harus menjadi perhatian serius dari pemerintah, untuk kemudian untuk mengusut tuntas penyebab dan penanggungjawabnya," kata Mirah dalam keterangan tertulis, Senin (25/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mirah juga menyinggung soal lemahnya pengawasan terhadap penerapan K3 di Indonesia. Menurutnya, hal ini dampak dari kemudahan investasi yang terlalu dimudahkan oleh Omnibus Law Undang Undang Cipta Kerja.

Untuk itu, pihaknya menuntut pemerintah, khususnya Kementerian Ketenagakerjaan agar lebih ketat dalam mengawasi ketenagakerjaan, termasuk penerapan K3 di perusahaan se-Indonesia.

"Pengawasan yang lemah dan minimnya jumlah tenaga pengawas ketenagakerjaan adalah persoalan klasik yang tidak pernah diselesaikan oleh pemerintah. ASPEK Indonesia menuntut Pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan untuk serius dalam melakukan pengawasan ketenagakerjaan, termasuk soal penerapan K3 di seluruh perusahaan di Indonesia," jelasnya.

Tidak hanya itu, Mirah juga meminta pimpinan perusahaan harus diproses secara hukum dan PT ITSS ditutup untuk sementara waktu. Penutupan sementara ini agar proses pemeriksaan dapat dijalankan secara menyeluruh di seluruh area perusahaan.

Pihak perusahaan juga wajib bertanggung jawab pada keluarga korban jiwa. Pertanggungjawaban ini demi memastikan keluarga korban dapat terus melanjutkan hidup usai kehilangan tulang punggung mereka. Dia berharap insiden ledakan tungku di PT ITSS adalah yang terakhir dan tidak terjadi di tempat lain.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.