Note

Terapkan Kinerja Berkelanjutan, Pemerintah Apresiasi Barito Renewable (BREN)

· Views 45
Terapkan Kinerja Berkelanjutan, Pemerintah Apresiasi Barito Renewable (BREN)
Terapkan Kinerja Berkelanjutan, Pemerintah Apresiasi Barito Renewable (BREN) (foto: MNC media)

IDXChannel - Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengapresiasi komitmen PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) dalam menjalankan kinerja operasional yang berkelanjutan.

Apresiasi diberikan dalam bentuk penghargaan PROPER Emas dan Hijau kepada anak usaha BREN, yaitu Star Energy Geothermal (SEG), di mana penghargaan PROPER Emas disematkan kepada Star Energy Geothermal Darajat II, Limited, sedangkan PROPER Hijau diberikan kepada Star Energy Geothermal Salak, Ltd dan Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Limited. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada KLHK atas penghargaan PROPER yang diberikan kepada Star Energy Geothermal. Ini merupakan bukti kesungguhan kami dalam menjalankan operasi yang safety, sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG's), terutama dalam upaya mengatasi kemiskinan, mengurangi ketimpangan, dan pemberdayaan perempuan di seluruh area operasi kami," ujar Corporate Secretary BREN, Merly, dalam keterangan resminya.

Menurut Merly, BREN bersama SEG berkomitmen untuk senantiasa menjadi mitra para pemangku kepentingan demi masa depan berkelanjutan. BREN Group percaya bahwa kegiatan operasi panas bumi, upaya-upaya pelestarian lingkungan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, dapat dijalankan dengan selaras dan saling mendukung.

PROPER Emas untuk Star Energy Darajat II, Limited diberikan atas capaian-capaian perusahaan dalam strategi efisiensi energi dan process improvement yang berkontribusi terhadap penambahan kapasitas sumur baru.

Efisiensi energi yang berhasil dilakukan adalah sebesar 34.266 GJ oleh unit pembangkit Darajat ini. Tidak hanya efisiensi energi, unit pembangkit Darajat ini juga mendapatkan penghargaan atas capaiannya dalam melalukan pengelolaan limbah dan penurunan emisi.

"Perlu diketahui bersama bahwa unit pembangkit geothermal merupakan unit pembangkit Listrik dengan emisi CO2 yang sangat sedikit atau hampir tidak ada," tutur Merly.

PROPER Hijau untuk Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd diberikan atas capaian capaian perusahaan dalam efisiensi energi dengan inovasi metode penambahan oli pada peralatan Utama pembangkit yang berhasil menurunkan pemakaian energi sebesar 886 MWh.

Selain itu, unit Wayang Windy juga mendapatkan apresiasi terhadap metode pengelolaan limbah dan pengurangan emisi. 

Proper Hijau untuk Star Energy Geothermal Salak, Ltd diberikan atas capaian perusahaan dalam efisiensi energi yaitu dengan aplikasi dari Brine Outfield Injection yang berhasil menghemat energi sebesar 6.110 GJ.

Selain itu unit pembangkit Salak ini juga mendapatkan apresiasi atas upaya menjaga agar tidak timbul emisi dengan menghilangkan konsentrasi H2S dan menjaga keselamatan kerja dan melindungi lingkungan dari gas beracun H2S.

Unit Salak ini juga berhasil dalam aspek efisiensi air dengan melakukan pemanfaatan air sisa pada pembuata air destil sehingga tidak ada lagi air laik pakai terbuang. Efisiensi air ini berhasil menghemat penggunaan air sebesar 422,4 m3. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.