Note

Musim Window Dressing, Saatnya Keruk Cuan di Saham-Saham LQ45 Ini

· Views 48
Musim Window Dressing, Saatnya Keruk Cuan di Saham-Saham LQ45 Ini
Musim Window Dressing, Saatnya Keruk Cuan di Saham-Saham LQ45 Ini (Foto MNC Media)

IDXChannel - Window dressing merupakan fenomena mempercantik kinerja portofolio yang biasa dilakukan oleh Manajer Investasi (MI) dengan tujuan untuk "memikat" para investor.

Equity Analyst PT Indo Premier Sekuritas (IPOT), Dimas Krisna Ramadhani mengatakan, pada umumnya window dressing terjadi pada akhir setiap kuartal. Namun di Indonesia window dressing terkuat terjadi pada akhir kuartal IV atau akhir tahun.

Baca Juga:
Musim Window Dressing, Saatnya Keruk Cuan di Saham-Saham LQ45 Ini Ada Negosiasi Saham Anthoni Salim (DNET) Rp1,16 Triliun, Langsung Tembus ATH

"Salah satu efek yang terjadi dari adanya fenomena ini adalah terjadinya peningkatan harga saham yang cukup signifikan pada Desember," ujar Dimas dalam keterangan resminya, Jumat (22/12/2023).  

Fenomena window dressing ini biasanya dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk mendapatkan keuntungan. Bagi perusahaan, window dressing memberikan dampak positif terhadap nilai perusahaan (market cap) akibat dari para investor yang membeli saham mereka saat fenomena window dressing terjadi. 

Baca Juga:
Musim Window Dressing, Saatnya Keruk Cuan di Saham-Saham LQ45 Ini Dua Saham Prajogo CUAN dan TPIA Digembok Bursa, Pertanda Apa?

Sementara itu, bagi Manajer Investasi (MI), dengan berhasil mencatatkan kinerja portofolio yang tumbuh positif, maka ini bisa menjadi benchmark yang cukup menarik untuk kinerja tahun berikutnya dan bagi investor maka akan mendapatkan capital gain yang cukup tinggi. 

Halaman : 1 2 3

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.