Note

ANALIS MARKET (22/12/2023) : HSG Diproyeksi Bergerak Bullish

· Views 32

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, Dow ditutup naik pada hari Kamis (21/12/23), didukung aksi borong saham oleh para investor setelah tekanan jual sehari sebelumnya, di mana Nasdaq pimpin penguatan sebesar 1,3%.

Dari sisi ekonomi AS, revisi akhir pertumbuhan ekonomi, atau Produk Domestik Bruto (PDB), untuk kuartal ketiga turun menjadi 4,9% dari estimasi sebelumnya 5,2%, sementara Initial Jobless Claims hanya naik 2.000 menjadi 205.000 pada pekan yang berakhir 16 Desember, meleset dari ekspektasi 214.000.

The Fed Philadelphia pada hari Kamis mengatakan indeks manufakturnya naik ke angka -10,5 dari -5,9 di bulan Agustus karena kontraksi dalam aktivitas manufaktur terus berlanjut.

Laporan ekonomi di atas datang sehari menjelang indeks harga Personal Consumption Expenditures, tolak ukur inflasi favorit The Fed, pada hari Jumat ini yang dapat menunjukkan apakah inflasi telah cukup melambat bagi The Fed untuk mulai melonggarkan kebijakan tahun depan.

Harga minyak turun pada hari Kamis setelah Angola memutuskan untuk keluar dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang menunjukkan pelemahan lebih lanjut dalam “OPEC,” memicu kekhawatiran tentang kemampuan kartel produsen minyak untuk secara kolektif mendukung harga minyak dengan membatasi produksi.

Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuan BI7DRR tidak berubah di 6% pada RDG BI kedua berturut-turut demi menjaga inflasi dan nilai tukar Rupiah tetap terkendali di tengah lonjakan harga bahan pangan, ketika para pejabat bank sentral AS mengisyaratkan bahwa mereka tidak terburu-buru untuk mulai melonggarkan kebijakan.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters mengantisipasi pertumbuhan 5,2% YoY untuk ekonomi AS pada kuartal ketiga dengan indeks harga Personal Consumption Expenditures (PCE) diperkirakan akan meningkat 2,3% pada periode yang sama, menandai kenaikan paling lambat sejak kuartal keempat tahun 2020.

Pullback yang terjadi pada IHSG sudah diantisipasi dalam beberapa hari ini. Namun demikian, analis NH Korindo Sekuritas menilai, konsolidasi ini wajar terjadi mengingat posisi IHSG sudah masuk Kategori Overbought berbarengan dengan bursa regional lainnya yang tengah nikmati momentum bullish.

Para investor diaarankan untuk gunakan kesempatan ini untuk buy on weakness di area Support saham masing-masing.

“IHSG diproyeksi bergerak Bullish,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset Jumat (22/12).

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.