Note

PYFA Akan Kuasai 100 Persen Saham Probiotec

· Views 42

Pasardana.id  PYFA Australia Pty Ltd,  anak usaha PT Pyridam Farma Tbk (IDX: PYFAakan mengakuisisi Probiotec Limited, produsen dan pengemas terkemuka atas berbagai produk farmasi yang membutuhkan resep ataupun dapat dijual bebas (OTC), obat pelengkap, produk kesehatan konsumen, dan barang konsumsi cepat saji di Australia.

Caranya, anak usaha PYFA akan melakukan pengambilalihan atas seluruh saham yang telah diterbitkan oleh Probiotec dengan harga senilai AUD3 per lembar

Sekretaris Perusahaan PYFA, Nadia Miranty Verdiana menjelaskan, perseroan memiliki kesempatan untuk dapat memanfaatkan sumber daya Probiotec, seperti fasilitas produksi modern, jaringan yang luas, dan akses ke jaringan distribusi yang lebih baik dalam rangka menghasilkan sinergi yang positif.

“Setelah penyelesaian Rencana Pengambilalihan, Perseroan melalui Perusahaan Anak akan menjadi pemegang saham atas seluruh saham dalam Probiotec,” tulis dia dalam keterangan resmi, Jumat (22/12/2023).

Lebih jelasnya dia bilang, dengan menguasai perusahaan farmasi Australia itu, PYFA akan menjangkau pasar yang lebih luas, dan juga meningkatkan pangsa pasar di pasar internasional, dapat akses kepada teknologi serta riset dan pengembangan (R&D) yang lebih mumpuni.

Perseroan dapat mendapatkan akses ke teknologi, penelitian, pengetahuan, dan pengembangan produk baru yang lebih mumpuni, dan dapat menghasilkan sinergi yang membawa dampak positif,” tulis dia.

Selain itu, rencana ini dapat menekan biaya atau efisiensi operasional, karena  bisa meraih skala ekonomis yang lebih menguntungkan, dan mengarah pada efisiensi dalam rantai pasokan, produksi, dan akses kepada sumber daya.

Ditegaskanya, perseroan tidak memiliki hubungan afiliasi dengan Probiotec selaku pihak lainnya dalam perjanjian pengambialihan saham ini.

Sebelumnya, PYFA akan melakukan Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue dengan melepas sebanyak 16 miliar saham baru bernominal Rp100 per lembar.

Bersamaan dengan itu, perseroan menerbitkan waran sebanyak-banyaknya setara dengan 35 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Aksi korporasi ini akan dihelat dalam rentang 12 bulan setelah persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 4 Januari 2024.

Selain itu, right issue ini dapat berjalan jika Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menyatakan efektif penerbitan saham baru.

Rencananya, dana hasil aksi korporasi ini untuk memperkuat struktur permodalan dalam rangka mendukung pengembangan usaha Perseroan.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.