Note

Terjerat Skandal Keselamatan Kendaraan di Jepang, Segini Porsi Saham Astra (ASII) di Daihatsu

· Views 47
Terjerat Skandal Keselamatan Kendaraan di Jepang, Segini Porsi Saham Astra (ASII) di Daihatsu
Terjerat Skandal Keselamatan Kendaraan di Jepang, Segini Porsi Saham Astra (ASII) di Daihatsu. (Foto: Astra)

IDXChannel - Unit bisnis Toyota Motor, Daihatsu Jepang, dikabarkan akan menghentikan pengiriman semua kendaraannya. Langkah ini dilakukan pasca-terungkapnya hasil penyelidikan skandal keselamatan yang menemukan masalah yang melibatkan 64 model kendaraan produksinya.

Hal ini disampaikan Rabu (20/12/2023) dalam keterangan resminya. Penghentian ini termasuk hampir dua lusin produk otomotif yang dijual di bawah merek Toyota, termasuk Indonesia.

Baca Juga:
Terjerat Skandal Keselamatan Kendaraan di Jepang, Segini Porsi Saham Astra (ASII) di Daihatsu Saham Grup Salim IMAS dan IMJS Meroket, Imbas Skandal Daihatsu?

Sebuah lembaga independen melakukan penyelidikan pada Daihatsu setelah pada April mengatakan perusahaan otomotif berbasis Jepang tersebut telah melakukan kecurangan dalam uji keselamatan tabrakan samping yang dilakukan pada 88.000 mobil.

Daihatsu memproduksi 1,1 juta kendaraan selama 10 bulan pertama tahun ini. Sejumlah hampir 40 persen di antaranya diproduksi di luar negeri. Perusahaan ini menjual sekitar 660.000 kendaraan di seluruh dunia selama periode tersebut dan menyumbang 7 persen dari penjualan Toyota.

Baca Juga:
Terjerat Skandal Keselamatan Kendaraan di Jepang, Segini Porsi Saham Astra (ASII) di Daihatsu Daihatsu Tersangkut Skandal Kecurangan Keselamatan Kendaraan, Indonesia Kena Imbas

Toyota mengatakan pada hari Rabu bahwa model yang terkena dampak termasuk model untuk pasar Asia Tenggara seperti Thailand, Indonesia, Malaysia, Kamboja dan Vietnam serta negara-negara Amerika Tengah dan Selatan seperti Meksiko, Ekuador, Peru, Chili, Bolivia dan Uruguay.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan Astra Daihatsu Motor (ADM), yang memiliki pabrik di Indonesia, turut disebut-sebut dalam laporan tersebut.

Baca Juga:
Terjerat Skandal Keselamatan Kendaraan di Jepang, Segini Porsi Saham Astra (ASII) di Daihatsu Daihatsu Stop Pengiriman Mobil di Seluruh Dunia karena Masalah Keselamatan

Berapa Saham Astra di Daihatsu?

Mengutip laman resmi Astra Internasional (ASII), PT Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah entitas asosiasi milik ASII. Dikutip dari laporan keuangan perusahaan per 30 September 2023, ASII memegang saham ADM sebesar 31,87 persen.

Bersama dengan Daihatsu Motor Co., Ltd. dan Toyota Tsusho Corporation, perseroan berperan sebagai agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia sekaligus basis produksi utama untuk grup otomotif Daihatsu dan Toyota di luar Jepang.

Daihatsu Sales Operation (DSO) merupakan unit pendukung ADM, sebagai distributor tunggal yang menyediakan layanan penjualan dan purnajual untuk seluruh produk Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia.

Daihatsu memiliki 251 outlet di tahun 2019. Sedangkan layanan purna jual didukung oleh 202 bengkel resmi dan 3.237 toko suku cadang.Dari sisi penjualan, Daihatsu mengalami kenaikan secara signifikan sepanjang Januari-September 2023.

Mengutip laman resmi websitenya, ADM mencatatkan penjualan kendaraan asal jepang ini hingga 149 ribu unit. City car dan kendaraan niaga masih mendominasi penjualana mobil Daihatsu.

Menutup kuartal III tahun ini, perusahaan membukukan penjualan lebih dari 149 ribu unit, atau naik sekitar 6,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekitar 140 ribu unit.

Dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap market share ritel otomotif nasional diperkirakan mencapai sebesar 20,1 persen.

"Penerimaan dan kepercayaan masyarakat terhadap kendaraan Daihatsu selama periode 9 bulan pertama di tahun 2023 ini menunjukkan tren yang baik, terlihat dari penjualan kendaraan Daihatsu yang mengalami peningkatan dibandikan 2022 " ujar Tri Mulyono, Marketing & Customer Relation Divison Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Penjualan Ritel Daihatsu selama 9M2023 ini masih didominasi oleh model utama. Secara rinci, Daihatsu Sigra terjual sebanyak 48.128 unit, atau berkontribusi sekitar 32,2 persen, disusul Gran Max PU (Pick Up) 32.874 unit (22 persen), dan Daihatsu Terios 19.670 unit (13,1 persen).

Selanjutnya diikuti Daihatsu Ayla 17.563 unit (11,7 persen), Xenia 14.399 unit (9,6 persen), lalu Gran Max MB 9.304 unit (6.2 persen), Rocky 5.033 (3,4 persen), terakhir Luxio dan Sirion dengan gabungan penjualan 2.654 unit (1,8 persen).

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.