Note

Menguat Jelang Akhir Tahun, Bos BI Sebut Rupiah Lebih Baik dari Peso-Bath

· Views 37
Menguat Jelang Akhir Tahun, Bos BI Sebut Rupiah Lebih Baik dari Peso-Bath
Foto: Aulia Damayanti/detikcom
Jakarta

Penguatan nilai tukar rupiah berlanjut. Hal ini sejalan dengan kebijakan moneter Bank Indonesia (BI) dan mulai meredanya ketidakpastian pasar keuangan global.

Nilai tukar rupiah pada 20 Desember 2023 menguat secara rata-rata 0,44% dibandingkan dengan perkembangan pada November 2023.

Dengan perkembangan tersebut, nilai tukar rupiah menguat 0,37% dibandingkan dengan level akhir Desember 2022.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Lebih baik dibandingkan dengan Peso Filipina, Rupee India, dan Baht Thailand yang masing-masing tercatat melemah sebesar 0,05%, 0,53%, dan 0,85%," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Gedung BI Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Perry mengatakan, di samping kebijakan stabilisasi Bank Indonesia, berlanjutnya apresiasi nilai tukar rupiah didorong oleh masuknya aliran portofolio asing, menariknya imbal hasil aset keuangan domestik, serta tetap positifnya prospek ekonomi.

"Ke depan, Bank Indonesia tetap akan mewaspadai sejumlah risiko yang mungkin muncul dan memastikan terjaganya stabilitas nilai tukar rupiah," katanya.

Sementara itu, Perry mengatakan, inflasi tetap terjaga dalam kisaran sasaran. Inflasi IHK November 2023 terkendali pada 2,86% (yoy) sehingga diperkirakan inflasi IHK tahun 2023 akan berada dalam kisaran 3,0 plus minus 1%.

"Perkembangan ini dipengaruhi oleh inflasi inti yang tetap rendah sebesar 1,87% (yoy) sejalan dengan konsistensi kebijakan suku bunga dan stabilisasi nilai tukar rupiah oleh Bank Indonesia. Inflasi administered prices juga rendah sebesar 2,07% (yoy). Sementara itu, inflasi kelompok volatile food naik menjadi 7,59% (yoy) dipengaruhi oleh faktor musiman yang mempengaruhi produksi beberapa komoditas hortikultura," jelasnya.

(acd/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.