Note

Kapan Raksasa Mobil Listrik Vietnam Masuk RI? Anak Buah Luhut Bilang Gini

· Views 36
Kapan Raksasa Mobil Listrik Vietnam Masuk RI? Anak Buah Luhut Bilang Gini
Deputi Bidang Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Kemaritiman dan Investasi Rachmat Kaimuddin. (Foto: Dok. Kemenko Kemaritiman dan Investasi)
Jakarta

VinFast, raksasa produsen mobil listrik Vietnam bakal melakukan investasi besar-besaran di ekosistem kendaraan listrik Indonesia. Kabarnya, VinFast mau melakukan investasi sampai Rp 18 triliun di Indonesia.

Sejauh ini, menurut Deputi Bidang Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Kemaritiman dan Investasi Rachmat Kaimuddin, VinFast belum melakukan progres berarti untuk investasinya. Meski begitu komitmen investasi memang sudah diumumkan VinFast ke publik.

"Saya belum ada update. Mereka sih sudah menyampaikan di laporan publiknya mereka kan. Jadi mereka udah commit di publik," beber Rachmat ditemui di The Westin, Jakarta Selatan, Kamis (21/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, Rachmat memaparkan saat ini memang ada tren menunggu di tengah para investor kendaraan listrik yang mau membuat proyek di Indonesia. Katanya, saat ini meskipun Perpres baru sudah keluar, banyak investor sedang menunggu aturan turunannya.

"Saya pikir, jadi gini, mungkin untuk pabrikan mobil saat ini kan Perpes-nya yang baru sudah keluar. Mereka lagi menunggu Permen-nya. Permen-nya saat ini sedang kita kerjakan. Harapan saya sebelum akhir tahun keluar semua, paling tidak sebagian ya, kan ada empat kementerian yang harus mengeluarkan peraturan, Kementerian Investasi, Keuangan, Perindustrian, dan juga Perdagangan," ujar Rachmat.

Nah bila aturan turunan insentif kendaraan listrik baru sudah keluar, ada kemungkinan para pabrikan dan investor luar negeri bakal langsung bersiap melakukan realisasi investasi di Indonesia.

"Kalau sudah selesai semuanya biasanya mereka akan daftar nah, kalau udah daftar tuh biasanya mereka akan bilang gitu ke publik," beber Rachmat.

Simak juga Video: Heru Budi Ajak Pemda Bodetabek Beli Kendaraan Umum Listrik Seperti DKI

[Gambas:Video 20detik]



(hal/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.