Note

IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan, Cermati Deretan Saham Ini

· Views 29
IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan, Cermati Deretan Saham Ini
IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan, Cermati Deretan Saham Ini  (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan Kamis (21/12/2023) di kisaran 7.183-7.250.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, IHSG masih kokoh ketika indikasi jenuh beli sudah terlihat. Ini ditopang oleh sektor energi dan farmasi.

"Walaupun secara bobot tidak besar, namun jika penguatannya serentak, hasilnya akan tetap seperti penguatan yang diberikan oleh saham dengan bobot besar," tulis William dalam analisisnya, Kamis (21/12/2023).

Menurut William, dengan kondisi demikian, terbuka ruang penguatan lanjutan IHSG bahkan tanpa harus melalui fase retest pada 7.200 sebagai support baru.

Untuk faktor teknikal, sejauh ini pergerakan IHSG masih berhasil melewati ekspektasi, bahkan di saat kekhawatiran akan terjadinya jenuh beli pun bisa dipatahkan.

"Hal ini tidak lepas dari kemunculan sektor-sektor baru yang menguat serentak dan membantu penguatan IHSG, misalnya seperti sektor farmasi dan energi," ujarnya.

Oleh karena itu, penguatan IHSG masih bisa berlanjut kembali. Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat sebesar 68.32 poin (+0.96%) menuju 7187,84 pada perdagangan hari Selasa 19 Desember 2023.

Sebanyak 304 saham menguat, 228 saham menurun, dan 232 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin. Nilai transaksi mencapai 9.9T (all market).

Berikut beberapa saham yang direkomendasikan secara teknikal;

  • TRIM, buy, support 264, resistance 294.
    Penguatan konsisten di atas support MA5 dan MA20.
  • BMRI, buy, support 5850; 5625, resistance 6100.
    Pergerakan sideways membentuk pola double bottom dengan level bottom pada 5625.
  • DSNG, buy, support 525, resistance 560.
    Pergerakan sideways, menuju demand zone. Menjadi indikasi jenuh jual setelah pelemahan sejak bulan Oktober 2023.
  • BUKA, buy, support 208, resistance 222.
    Penguatan konsisten di atas support MA5 dan MA20.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.