Note

GBP/USD: Inflasi menjegal pound, tetapi penjualan pasangan mata uang ini tetap berisiko

· Views 38

Pound berada di bawah tekanan hari ini, bereaksi terhadap rilis data pertumbuhan inflasi di Inggris. Hal yang mengecewakan para pembeli GBP/USD adalah hampir semua komponen laporan hari ini ternyata berada di "zona merah". Harapan untuk penguatan sikap hawkish mengenai tindakan lebih lanjut oleh Bank of England runtuh – saat ini kenaikan pasangan mata uang ini hanya dimungkinkan melalui pelemahan mata uang Amerika. Meskipun pekan lalu mata uang Inggris menikmati support dari regulator Inggris, yang anggotanya menyuarakan formulasi yang keras secara tak terduga, memungkinkan kenaikan suku bunga tambahan di masa mendatang. Namun setelah rilis hari ini, diskusi keseluruhan pasti akan bergeser ke koordinat yang berbeda: saat ini pasar akan mendiskusikan waktu penurunan suku bunga pertama. Pertanyaan mengenai pengetatan kebijakan moneter tambahan (di masa mendatang) sudah pasti tidak akan dibahas.

GBP/USD: Inflasi menjegal pound, tetapi penjualan pasangan mata uang ini tetap berisiko

Jadi, menurut data yang diungkapkan, Indeks Harga Konsumen (CPI) secara bulanan jatuh ke wilayah negatif (-0,2%), sementara sebagian besar ahli memperkirakan pertumbuhan minimal (0,1%). Secara tahunan, CPI turun menjadi 3,9%, dengan perkiraan penurunan menjadi 4,3%. Ini adalah tingkat pertumbuhan terlemah sejak September 2021.

Indeks Harga Konsumen inti, tidak termasuk harga energi dan makanan yang bergejolak, juga mengalami penurunan dengan cukup tajam. Indikator ini berada di 5,1% YoY, sementara sebagian besar analis memperkirakan bahwa indikator ini akan berada di 5,6%. Hasil untuk bulan November adalah yang terlemah sejak Januari 2022. Perlu dicatat bahwa CPI inti telah secara konsisten menurun selama empat bulan berturut-turut.

Indeks Harga Ritel (RPI), yang digunakan pengusaha Inggris dalam diskusi upah, turun menjadi 5,3% YoY (perkiraannya 5,6%). Di sini, kita juga dapat berbicara tentang rekor beberapa bulan – terakhir kali indikator berada pada level ini adalah pada September 2021.

Indeks Harga Pembelian Produsen tetap berada di wilayah negatif (-2,6%) – secara tahunan, indikator ini berada di bawah nol selama enam bulan berturut-turut. Situasi serupa terjadi pada Indeks Harga Jual Produsen: pada bulan November, indeks ini berada di level -0,2% YoY.

Apa yang diungkapkan oleh hasil-hasil pada bulan November? Utamanya, petunjuk hawkish dari Bank of England, pada dasarnya, telah kehilangan relevansinya. Pembeli GBP/USD terinspirasi oleh nada pernyataan yang menyertai dari bank sentral setelah pertemuan Desember, yang menyatakan bahwa bank sentral mungkin akan melakukan pengetatan kebijakan moneter tambahan "jika terjadi pertumbuhan inflasi yang berkelanjutan." Saat ini, kita dapat berbicara mengenai tren penurunan yang berkelanjutan, yang telah diamati selama empat bulan berturut-turut.

Perlu juga diingat posisi yang disuarakan oleh Andrew Bailey, Gubernur Bank of England, pada awal Desember. Menurut pendapatnya, ia mencatat bahwa suku bunga saat ini efektif. Selain itu, dalam menentukan prospek bank lebih lanjut, ia akan mempertimbangkan volume kumulatif pengetatan kebijakan moneter dan efek jeda dari kebijakan moneter. Selain itu, ketua Bank of England mengingatkan tentang efek samping dari kebijakan moneter yang ketat dan risiko terhadap stabilitas keuangan yang mungkin timbul di masa mendatang.

Dengan kata lain, Bailey dengan jelas mengindikasikan bahwa bank sentral akan mematuhi prinsip terkenal "jangan menyakiti" saat membuat keputusan lebih lanjut mengenai pengetatan kebijakan moneter. Laporan inflasi yang dipublikasikan hari ini dengan fasih membuktikan bahwa tingkat suku bunga saat ini memang efektif.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
GBP/USD: Inflasi menjegal pound, tetapi penjualan pasangan mata uang ini tetap berisiko

GBP/USD: Inflasi menjegal pound, tetapi penjualan pasangan mata uang ini tetap berisiko

Menyikapi peristiwa ini, pasangan GBP/USD kembali mengarah ke bawah dan saat ini sedang menguji level support 1,2650 (garis Tenkan-sen pada grafik harian). Meskipun baru kemarin, pembeli pasangan mata uang ini bertujuan mencapai level 1,28, yang tetap menjadi level tinggi yang tidak tercapai. Selama tujuh pekan terakhir, "bulls" GBP/USD secara berulang kali menyerbu penghalang harga ini, tetapi sia-sia – penjual selalu mengambil inisiatif. Hal yang sama terjadi kali ini.

Namun, masih terlalu dini untuk mengabaikan prospek penguatan pasangan mata uang ini. Pembeli GBP/USD dapat dengan mudah memanfaatkan pelemahan mata uang Amerika jika indeks inti PCE mengecewakan para "bulls" dolar. Menurut perkiraan, indikator inflasi krusial untuk the Fed ini akan turun menjadi 3,4%, level terendah sejak Mei 2021. Jika indeks berakhir di "zona merah", dolar akan menghadapi tekanan tambahan di tengah penguatan sentimen "dovish" di pasar. Pembeli GBP/USD pasti akan memanfaatkan keadaan ini, meskipun pasifnya mata uang Inggris. Oleh karena itu, saat ini disarankan untuk mengambil posisi "menunggu dan melihat" pada pasangan mata uang ini – setidaknya sampai penjual menembus dua level support - 1,2650 (garis Tenkan-sen pada grafik harian) dan 1,2620 (garis tengah Bollinger Bands pada kerangka waktu yang sama).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.