Note

Emas menarik investor

· Views 27

Jika pasar saham berada dalam genggaman keserakahan, maka emas diselimuti oleh keraguan. Kenaikan cepat S&P 500 dan indeks saham Amerika lainnya didasarkan pada keyakinan akan perlambatan ekonomi AS dan penurunan suku bunga Federal Reserve dari 5,5% menjadi 4% pada 2024. Ini hanya mungkin terjadi jika inflasi terus melambat dan dengan cepat mencapai target 2%. Logam mulia ragu jika jalur harga konsumen akan berjalan mulus.

Bagi emas, stimulus moneter adalah kabar baik. Jika suku bunga turun, hal ini akan mengurangi biaya menyimpan aset fisik di dana yang diperdagangkan di bursa khusus (ETF) dan berkontribusi pada pertumbuhan cadangan ETF. Sejauh ini, investor telah menggunakan penurunan kuotasi XAU/USD untuk mengurangi posisi mereka, bukan meningkatkan kepemilikan di tengah kenaikan harga logam mulia. Pada tahun 2024, segalanya mungkin berubah menjadi lebih baik.

Dinamika Cadangan ETF Berorientasi Emas

Emas menarik investor

Arus modal ke pasar ETF emas adalah penggerak penting dari reli XAU/USD. Pada tahun 2022-2023, permintaan investasi untuk logam mulia meninggalkan banyak yang diinginkan, hanya didukung oleh pembelian masif bank sentral. Saya tidak berpikir nafsu mereka akan tiba-tiba menurun pada tahun depan. De-dolarisasi di tengah meningkatnya dunia multipolar dan kegagalan Barat akan mendapatkan momentum, dan emas akan terus menjadi salah satu penerima manfaat utama dari proses ini.

Penurunan bunga utang penting bagi emas dari segi daya tarik investasi. Logam mulia tidak menghasilkan pendapatan bunga, dan ketika hasil obligasi Departemen Keuangan AS mencapai 5%, ia kalah darinya. Namun, ketika suku bunga mulai turun, porsi emas dalam portofolio meningkat, dan harga naik.

Namun, para "bulls" XAU/USD meragukan apakah Federal Reserve akan mengikuti arahan pasar keuangan. Akankah bank sentral melonggarkan kebijakan moneter enam kali pada 2024, seperti yang diinginkan investor? Kebijakannya tergantung pada data. Untuk ekspansi moneter yang agresif, diperlukan pengembalian cepat inflasi ke target 2%. Di sisi lain, ekonomi dapat menghadapi risiko overheat di tengah pelemahan kondisi keuangan, yang akan meningkatkan risiko terjadinya ekstrem baru pada Personal Consumption Expenditures (PCE) dan mungkin membawa Federal Reserve kembali ke jalur pembatasan moneter.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Emas menarik investor

Pasar kemungkinan akan terus berfungsi dalam mode di mana berita buruk adalah hal baik untuk S&P 500 dan sebaliknya. Ini berarti bahwa perbaikan dalam statistik makro AS akan menunjukkan kekuatan ekonomi AS, meningkatkan risiko percepatan inflasi, dan memunculkan pembicaraan tentang kenaikan suku bunga federal funds. Hanya data AS yang lemah yang akan memungkinkan emas tumbuh. Putusan akhir akan disampaikan oleh statistik inflasi untuk Desember.

Secara teknis, pada grafik harian logam mulia, ada risiko signifikan pembentukan pola pembalikan 1-2-3 dengan double top di sekitar titik 3. Penurunan kuotasi di bawah $2.015 per ons adalah alasan untuk menjual. Untuk membentuk posisi long pada emas, serangan percaya diri pada resistance berupa kumpulan level pivot di sekitar level $2.058 diperlukan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.