Note

Target Erick Thohir Merger Bank Muamalat dan BTN Syariah Kelar Maret 2024

· Views 33

Pasardana.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan peluang aksi koorporasi dalam bentuk penggabungan (merger) antara PT Bank Muamalat Indonesia dengan PT Bank Tabungan Negara Syariah atau BTN Syariah akan rampung pada Maret 2024. 

"Sedang dalam proses pembicaraan. Rencananya kalau lancar Maret bisa final. Maunya kemarin cuma prosesnya, Maret," ungkapnya saat ditemui di gedung Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (19/12). 

Erick memaparkan, melihat potensi bisnis perbankan syariah kedepannya. Bahkan, pihaknya telah membahas penggabungan bisnis kedua perusahaan tersebut dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Menteri Agama.

Jika aksi korporasi tersebut dapat terwujud, dia meyakini Indonesia akan kembali memiliki bank syariah yang skalanya cukup besar, selain PT Bank Syariah Indonesia (BSI). 

"Kemarin sudah diskusi dengan BPKH, Menteri Agama. Mungkin enggak kita bersinergi antara Bank Muamalat dengan BTN Syariah untuk menjadikan alternatif bank syariah yang besar," ujarnya. 

Erick melanjutkan, ekosistem ekonomi syariah di Indonesia punya potensi sangat besar. Salah satu indikator pendukungnya yakni harus menggenjot industri perbankan syariah di Tanah Air agar semakin kompetitif. 

"Karena kenapa? finansial syariah ini menjadi sesuatu yang justru menarik pada saat ini. Itu kalau digabungin bisa jadi top 16 siapa tau masuk 10 besar. Jadi ke depan sedang dalam proses pembicaraan. Kalau semuanya lancar, Maret (2024) bisa final," pungkasnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.