Note

Ekspor Produk Halal RI ke Luar Negeri Senilai Rp656 Triliun, Terbesar Sektor Makanan

· Views 40

Pasardana.id - Produk halal Indonesia dari Januari hingga Oktober 2023 mencapai 42,33 miliar dolar AS atau sekitar Rp656 triliun, baik itu dari sisi ekspor maupun impor.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Didi Sumedi mengungkapkan, dari jumlah tersebut, ekspor makanan olahan halal menjadi kelompok produk ekspor halal dengan nilai ekspor terbesar yang mencapai angka 34,7 miliar dolar AS atau Rp539 triliun.

"Angka ini memang turun dibanding Tahun 2022 di periode yang sama, tapi kita lihat sebetulnya yang menarik, benchmark tahun 2023 di mana surplus kita di dalam neraca perdagangan untuk produk halal itu mencapai US$ 47,7 miliar, sementara nilai surplus nasional kita secara total semuanya US$ 54,5 miliar," kata Didi dalam Media Briefing Publikasi Kinerja Ekspor Produk Halal Indonesia di Kantor Kemendag, Selasa (19/12).

Menurut Didi, 85% surplus ekspor nasional RI disumbang oleh produk halal.

"Jadi luar biasa gerakan ekspor produk halal kita, mudah-mudahan ini ke depan bisa terus membesar angka surplusnya. Tentu ini terkait dengan ekspor yang semakin besar, dan ini merupakan kebanggaan kita semua, bahwa apa yang kita upayakan betul-betul terjadi di dalam kriteria atau implementasi nyata harian kita," katanya.

Lebih lanjut, Didi menyampaikan, terdapat 4 sektor utama produk halal ekspor Indonesia, diantaranya produk makanan olahan, produk farmasi, produk kosmetik, dan juga produk fashion atau pakaian muslim.

"Nah sepanjang 5 tahun terakhir, dari 2012-2022 itu trennya terus meningkat. Kalau kita lihat total trennya mencapai 13,5% sepanjang 5 tahun terakhir dari 2018 sampai 2022. Tapi yang paling besar dan kenaikannya adalah di sektor makanan olahan, jadi memang ya, kalau makanan olahan adalah terkait dengan perut. Kalau fashion itu kan mungkin orang beli baju tuh bisa mungkin sebulan sekali. Tapi kalau makanan kan setiap hari dimakan. Ini yang membantu kita juga dari sisi kenaikan ekspor," tukas Didi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.