Note

IHSG Sudah Jenuh Beli, Masih Berpotensi Menguat?

· Views 36
IHSG Sudah Jenuh Beli, Masih Berpotensi Menguat?
IHSG Sudah Jenuh Beli, Masih Berpotensi Menguat? (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melemah pada sepanjang perdagangan Rabu (20/12/2023) di kisaran 7.051 – 7.200.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project William Hartanto mengatakan, IHSG masih kuat mencoba level 7200 untuk dijadikan support baru.

"Harapannya seperti itu, namun kami melihat bahwa pada perdagangan kemarin IHSG sudah jenuh beli," tulis William dalam analisisnya, Rabu (20/12/2023).

Menurut William, sudah terjadi “sudden drop” pada saham-saham big caps, khususnya saham emiten milik Prajogo Pangestu. Namun sebagian besar saham-saham grup ini masih uptrend.

Kemudian nilai transaksi IHSG menurun kembali, bahkan di bawah 10T pada perdagangan kemarin, ini menjadi awal dari indikasi jenuh beli.

Selain itu, terbentuk intraday gap pada penutupan IHSG kemarin, intraday gap umumnya akan tertutup pada keesokan hari setelah hari dimana gap itu terbentuk.

"Berdasarkan 3 poin di atas, kami memiliki kesimpulan bahwa IHSG sudah jenuh beli dan jika terjadi profit taking, maka kemungkinan besar IHSG akan melemah," kata dia.

Namun prediksi ini bisa saja tidak terjadi pada hari ini, dikarenakan posisi IHSG secara teknikal yang cukup menjanjikan dimana masih terlihat cukup jelas bahwa pengujian level 7200 masih berlangsung.

Untuk faktor teknikal, nampak seperti masih ingin berjuang menguji resistance 7200, IHSG bisa saja menguat pada hari ini, namun penguatan diperkirakan terbatas karena 2 hal, yaitu intraday gap pada perdagangan kemarin dan umumnya intraday gap akan ditutup keesokan harinya.

"Lalu alasan kedua adalah, nilai transaksi IHSG menurun, ini berarti secara keseluruhan pasar sudah mencapai fase jenuh beli," ujarnya.

Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat sebesar 68.32 poin (+0.96%) menuju 7187,84 pada perdagangan hari Selasa 19 Desember 2023.

Sebanyak 304 saham menguat, 228 saham menurun, dan 232 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin. Nilai transaksi mencapai 9.9T (all market).

Berikut beberapa saham yang direkomendasikan secara teknikal:

  • GJTL, buy, support 950, resistance 1045.
    Penguatan konsisten di atas support MA5 dan MA20.
  • ARCI, buy, support 412, resistance 450.
    Pelemahan dengan penurunan volume perdagangan memberikan indikasi jenuh jual.
  • ERAA, buy, support 388, resistance 440.
    Konfirmasi pola cup and handle, pola bullish.
  • BUMI, wait and see, support 80, resistance 94.
    Strong downtrend, pelemahan konsisten di bawah resistance MA5 dan MA20.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.