Note

Pemegang Saham Resmi Angkat Banjie Yap Jadi Presiden Direktur Unilever (UNVR)

· Views 46
Pemegang Saham Resmi Angkat Banjie Yap Jadi Presiden Direktur Unilever (UNVR)
Pemegang Saham Resmi Angkat Banjie Yap Jadi Presiden Direktur Unilever (UNVR). Foto: Dok UNVR

IDXChannel - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) yang digelar hari ini, Selasa (19/12/2023) menyetujui pengangkatan Benjie Yap sebagai presiden direktur (presdir) perusahaan. 

Dia menggantikan Ira Noviarti yang mengundurkan diripada Oktober lalu setelah menempati posisi tersebut sejak 2020. Adapun Benjie Yap efektif memimipin UNVR mulai Januari 2024. 

Baca Juga:
Pemegang Saham Resmi Angkat Banjie Yap Jadi Presiden Direktur Unilever (UNVR) Sosok Benjie Yap, Bos Baru Unilever Indonesia (UNVR) Punya Segudang Prestasi

Direktur dan Sekretaris Perseroan UNVR Nurdiana Darus mengatakan, perubahan kepemimpinan dan kerangka baru organisasi Unilever Compass membawa Unilever Indonesia memasuki babak baru untuk terus memaksimalkan potensi pertumbuhan berkelanjutan.

"Rapat hari ini secara resmi menyetujui Benjie Yap sebagai presiden direktur perseroan," kata dia dalam keterangan resminya. 

Baca Juga:
Pemegang Saham Resmi Angkat Banjie Yap Jadi Presiden Direktur Unilever (UNVR) Sejarah dan Profil UNVR, Salah Satu Perusahaan Multinasional Terkemuka

Nurdiana menuturkan, dengan beragam keahlian dari posisi-posisi sebelumnya di Unilever, mencakup Research & Development, Strategi, Supply Chain, Marketing dan Brand Management, serta Customer Development, Benjie Yap telah mencatat capaian yang mengesankan, termasuk pada saat duduk sebagai CEO Unilever Filipina.

"Kami yakin beliau akan membawa keahlian dan kontribusi berharga bagi perseroan dan industri,” ujarnya. 

Baca Juga:
Pemegang Saham Resmi Angkat Banjie Yap Jadi Presiden Direktur Unilever (UNVR) Unilever (UNVR) Seleksi Tiga Calon Direktur Baru, Siapa Saja?

Sementara itu, UNVR juga mengucapkan terima kasih kepada Ira yang berhasil memimpin perseroan di tengah pandemi global Covid-19 pada 2020-2021, membawa perseroan berada pada posisi yang lebih kuat. 

“Perseroan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepemimpinan Ira Noviarti yang tangguh dan berdedikasi tinggi kepada Unilever Indonesia," ucapnya. 

Menurutnya, sebagai presiden direktur, Ira telah berhasil memperkuat fundamental bisnis perseroan secara signifikan, memastikan bahwa Unilever Indonesia kini berada dalam posisi yang jauh lebih kuat untuk terus mewujudkan tujuan dan potensi bisnis jangka panjang.

Ira yang hadir dalam RUPSLB menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan bersama Unilever untuk selama hampir 30 tahun, berkontribusi pada bisnis dan masyarakat melalui berbagai perannya, terutama saat menjabat sebagai presdir selama hampir tiga setengah tahun terakhir. 

"Saya dapat terus bertumbuh sebagai pemimpin dan individu karena saya berkesempatan bekerja bersama dengan banyak talenta yang luar biasa. Upaya seluruh tim dalam tiga tahun terakhir telah memberikan pijakan yang kokoh bagi kepemimpinan Unilever Indonesia selanjutnya,” tutur dia.

Mengenai sosok penggantinya, Ira mengatakan bahwa Benjie Yap memiliki rekam jejak yang semakin kuat selama bertahun-tahun. 

"Saya percaya Unilever Indonesia berada di tangan yang tepat,” ucap dia.

Benjie bergabung dengan Unilever pada 1994 di Filipina sebagai Technical Management Trainee dengan tugas awal di bidang Manufaktur, Teknik, R&D, dan Pengembangan Pengemasan.

Dia beralih posisi ke Pemasaran sebagai Direktur Pemasaran Home Care pada tahun 2001. Benjie kemudian bergabung dengan Dewan Direksi sebagai Marketing Director Home Care and Foods, Wakil Presiden Marketing Director, dan Wakil Presiden Customer Development. 

Benjie juga memiliki pengalaman di posisi internasional sebagai Manajer Pengembangan Produk di Port Sunlight Inggris
pada 1999 dan sebagai VP Perawatan Rumah di Unilever Thailand pada 2009. 

Pada Maret 2017, dia menjadi CEO Unilever Filipina seraya menjabat sebagai Beauty and Wellbeing Business Unit General Manager sejak 2022.

Didorong oleh ambisi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, kepemimpinan Benjie bertumpu pada prinsip Winning with Purpose, mendorong transformasi produk-produk yang dicintai masyarakat menjadi merek-merek dengan tujuan sosial yang lebih dalam. 

Benjie telah dianugerahi banyak apresiasi, salah satunya adalah IABC CEO Excel Award pada 2007 dan AGORA Outstanding Achievement Award for Marketing Management pada tahun 2015. Sejak 2021, dia menjadi juga telah menjadi bagian dari Globe’s Business Council.

“Dengan banyaknya potensi yang dapat dikembangkan lebih jauh, Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Unilever," kata dia. 

Dia mengaku optimistis dan semangat untuk bekerja dengan tim di UNVR untuk bersama-sama mencapai kinerja lebih kuat yang didorong oleh pertumbuhan yang konsisten, menguntungkan, kompetitif, dan bertanggung jawab.

“Bersama dengan jajaran dewan direksi, saya akan terus memastikan bahwa perseroan dioperasikan oleh talenta dan pemimpin terbaik di industri untuk membangun organisasi yang tangguh dan tangkas di masa depan; tetap berkomitmen untuk memimpin pengembangan pasar melalui inovasi yang unggul dan relevan; dan memenangkan hati konsumen di tahun-tahun mendatang,” tutur Benjie. 

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.