Note

Ini Deretan Katalis Positif untuk Saham TUGU, Segini Valuasi Wajarnya

· Views 30
Ini Deretan Katalis Positif untuk Saham TUGU, Segini Valuasi Wajarnya
Ini Deretan Katalis Positif untuk Saham TUGU, Segini Valuasi Wajarnya . (FOTO: MNC Media)

 

IDXChannel– Saham PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) diyakini menjadi saham dengan valuasi murah (undervalued) dan memberikan potensi upside yang tinggi dengan berbagai katalis positif yang mengiringi.

Baca Juga:
Ini Deretan Katalis Positif untuk Saham TUGU, Segini Valuasi Wajarnya Laba Bersih Sentuh All Time High, Begini Jeroan Asuransi Tugu (TUGU)

 Tim Riset Kiwoom Sekuritas dalam catatannya menuliskan saham TUGU menarik untuk dijadikan investasi karena didukung oleh 4 katalis utama.

 Katalis pertama datang dari strategi TUGU untuk  bertumbuh melalui transformasi digital. Menurut tim riset Kiwoom transformasi digital TUGU diarahkan untuk memperkuat pangsa pasar di segmen ritel.

Baca Juga:
Ini Deretan Katalis Positif untuk Saham TUGU, Segini Valuasi Wajarnya Asuransi Tugu Bagi Dividen Senilai Rp78,10 per Saham

 “Sejak IPO pada tahun 2018, pangsa bisnis ritel TUGU meningkat signifikan dari 5,8% menjadi 9,3% pada tahun lalu. Hal ini disumbang oleh bisnis kendaraan bermotor (MV) sebagai mesin pertumbuhan. Dengan lintasan pertumbuhan saat ini, kami memperkirakan pada tahun 2025F, segmen bisnis ritel akan menyumbang setidaknya 12% dari total GWP dengan pertumbuhan CAGR 27% dari tahun 2020-25F,” tulis riset tersebut.

 Selain penguatan dari sisi pangsa pasar di segmen ritel, transformasi digital tersebut diharapkan bakal mendorong efisiensi operasional TUGU.

Baca Juga:
Ini Deretan Katalis Positif untuk Saham TUGU, Segini Valuasi Wajarnya Asuransi Tugu (TUGU) Stock Split Saham 1:2, Cek Jadwalnya

 “Platform penjualan berbasis aplikasi khususnya untuk melayani pasar kendaraan bermotor Indonesia yang besar dengan ~5 juta penjualan 2W dan ~1 juta penjualan 4W setiap tahunnya dapat meningkatkan akuisisi pelanggan dan memberikan biaya layanan yang lebih rendah dibandingkan dengan hanya bergantung pada skema model agensi,” tambahnya.

Katalis juga datang dari sisi perdagangan saham TUGU di pasar sekunder. Likuiditas perdagangan saham TUGU dinilai secara konsisten mengalami perbaikan terutama setelah melakukan aksi korporasi berupa stock split. Saham TUGU juga menjadi saham asuransi umum paling likuid.

Baca Juga:
Ini Deretan Katalis Positif untuk Saham TUGU, Segini Valuasi Wajarnya Maksimalkan Captive Market, Asuransi Tugu Mandiri Targetkan Premi Rp558 Miliar di 2021

 Selain likuiditas yang membaik, kemampuan perseroan dalam membagikan dividen setiap tahunnya juga menjadi katalis positif lain untuk saham TUGU. TUGU tidak pernah absen untuk memberikan nilai kepada pemegang saham khususnya melalui pembayaran dividen. Selama 5 tahun terakhir TUGU telah membagikan dividen dengan tingkat pembayaran berkisar 30-40%.

“Komitmen tersebut dapat menjadikan TUGU sebagai saham yang lebih baik untuk dimasukkan ke dalam portofolio sehingga memberikan keseimbangan yang lebih besar dan risiko yang lebih rendah,” tulis Riset tersebut.

 Katalis positif terakhir adalah valuasi saham TUGU yang terlampau murah. TUGU diperdagangkan di bawah 0,5x PBV  yang membuat yield dari dividennya tinggi sehingga mereka menilai saham TUGU layak divaluasi secara premium.

 Dengan 4 katalis utama tersebut, tim riset Kiwoom Sekuritas memberikan rekomendasi beli saham TUGU dengan target harga Rp 2.100 atau mengimplikasikan 0,67x Price to Book Value (PBV) untuk tahun 2024.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.