Note

KKP Berencana Jalin Kerja Sama Dengan Starlink

· Views 33

Pasardana.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana bekerja sama dengan Starlink untuk memasang sebuah perangkat atau device di kapal perikanan.

Device itu berguna untuk membantu kapal-kapal perikanan mengirimkan data tangkapan secara online melalui aplikasi E-PIT dalam kebijakan Penangkapan Ikan Terukur.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono, mengatakan belum bisa mengungkap berapa jumlah besaran kerja sama antara KKP dan perusahaan milik Elon Musk itu.

Yang jelas, ia berharap agar harga device itu tidak terlalu mahal. Pasalnya, pemerintah berencana akan memasang device itu di kapal-kapal nelayan lokal.

"Ya kalau itu bisa terjadi (dengan starlink), sekarang kan masih mahal device-nya, tapi salah satunya kita akan luncurkan satelit nano yang terkoneksi dengan kapal-kapal. Kalau kapal perusahaan wajib pasang device itu, tapi kalau kapal nelayan lokal yang kecil pemerintah yang menyediakan, yang device itu bisa dibebankan ke pengusaha, tapi (buat nelayan lokal) itu jangan mahal-mahal," bebernya di Jakarta Pusat, Senin (18/12).

Terkait pemasangan device ini, kata Sakti, pihaknya juga akan membeli satelit nano seharga US$ 150 juta atau Rp 2 triliun (kurs Rp 15.485) dari Denmark. 

Dimana, satelit tersebut bakal berfungsi membantu kapal-kapal perikanan mengirimkan data tangkapan secara online melalui aplikasi E-PIT dalam kebijakan Penangkapan Ikan Terukur.

"US$ 150 juta (anggaran buat satelit). (Itu) kita beli yang (satelit) nano, bukan Starlink. Itu (belinya) dari Denmark," ungkap Sakti.

 

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.