Note

Demi Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Kementan Kebut Pembangunan Infrastruktur Jalan Usaha Tani

· Views 51

Pasardana.id - Kementerian Pertanian (Kementan) akan terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur pendukung produktivitas pertanian. Salah satunya dengan pembangunan jalan usaha tani (JUT) di 13 kabupaten di Indonesia.

Ada pun rincian dari 13 kabupaten itu, yakni Banjarnegara 39 km, Garut 16 km, Gorontalo 6 km, Lebak 33 km, Lombok Timur 9 km, Magelang 20 km, Malang 16 km, Minahasa Selatan 12 km, Purbalingga 11 km, Subang 44 km, Sumbawa 6 km, Sumenep 10 km dan Tasikmalaya 7 km.

Melalui program Upland Project, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan JUT adalah salah satu program strategis yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) dan akan memudahkan akses petani dalam memperluas jalur distribusi pertanian.

"Sesuai tujuan utama meningkatkan kesejahteraan petani, Program JUT ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani dan mendorong peningkatan ekonomi nasional," ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip dari ANTARA di Jakarta, Senin, (18/12).

Adapun, sebut Amran, jalan usaha tani ini akan dibangun di kawasan pertanian yang berisi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan yang memperlancar mobilitas alat mesin pertanian (alsintan).

Hal ini bertujuan agar proses pengangkutan sarana produksi atau produk pertanian menuju lahan pertanian, tempat penyimpanan, tempat pengolahan atau pasar bisa dilakukan dengan lancar.

"Kita meyakini program JUT merupakan salah satu penyokong percepatan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah," tukasnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.