Note

Kolaborasi DCII-Salim Group Hadirkan Pusat Data Tier IV Pertama di Jakarta

· Views 60
Kolaborasi DCII-Salim Group Hadirkan Pusat Data Tier IV Pertama di Jakarta
Kolaborasi DCII-Salim Group Hadirkan Pusat Data Tier IV Pertama di Jakarta (foto: MNC media)

IDXChannel - PT DCI Indonesia Tbk (DCII) resmi menggandeng Salim Group dalam mendirikan Fasilitas Pusat Data Tepi (edge data center E1) di Jakarta.

Peresmian fasilitas baru tersebut Senior Executive Salim Group Philipus Phiong, Executive Director Salim Group Axton Salim, President Director DCII Toto Sugiri, dan Senior Advisor DCII J.C Gani, di lokasi fasilitas tersebut didirikan, yaitu Ariobimo Sentral, Jakarta Selatan, Senin (18/12/2023).

Baca Juga:
Kolaborasi DCII-Salim Group Hadirkan Pusat Data Tier IV Pertama di Jakarta DCI Indonesia (DCII) Siap Kembangkan Data Center AI Berbasis Renewable Energy

Diselenggarakannya acara peresmian gedung E1 ini merupakan wujud nyata komitmen dan kolaborasi antara DCII dan Salim Group dalam menyediakan layanan edge data center bagi para pelaku industri guna mendukung pertumbuhan digital ekonomi di Indonesia.

Pusat Data E1 merupakan bagian dari DCI Platform yang memiliki kapasitas daya sebesar 18 MW dan dilengkapi sekitar 4.000 rak dalam struktur berlantai 11 dan luas gedung 30.000 m2.

Baca Juga:
Kolaborasi DCII-Salim Group Hadirkan Pusat Data Tier IV Pertama di Jakarta Sepuluh Saham Masuk Deretan Top Losers Pekan Ini, Ada PURI hingga DCII

Gedung E1 menjadi  data center Tier-IV pertama di pusat kota Jakarta–klasifikasi tertinggi dalam industri pusat data. 

"Kami sangat bangga dapat terus memperluas DCI Platform melalui penyelesaian pembangunan data center E1. Data center E1 merupakan data center yang memiliki klasifikasi tertinggi, yaitu Tier IV, pertama di pusat kota Jakarta," ujar Presiden Direktur DCII, Toto Sugiri, saat peresmian.

Baca Juga:
Kolaborasi DCII-Salim Group Hadirkan Pusat Data Tier IV Pertama di Jakarta Barisan 10 Saham Top Gainers Pekan Ini, Emiten Toto Sugiri EDGE-DCII Jadi Jawara

Menurut Totot, E1 akan menyediakan fasilitas infrastruktur yang dapat diandalkan, dengan latency yang rendah, serta standar operasional tertinggi sesuai dengan Tier IV Gold Certification of Operational Sustainability (TCOS), dimana DCI menjadi yang pertama di Asia Tenggara untuk menerima sertifikasi ini.

Dengan peresmian E1, DCII berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pasar dari sisi layanan cloud, pasar modal, AI, IoT, konektivitas 5G, dan lainnya.

Untuk itu, kehadiran pusat data E1 dapat memenuhi permintaan infrastruktur pusat data yang dekat dengan pengguna. Pelaku industri dapat merasakan manfaat yang sangat besar dari sisi kebutuhan penyimpanan, pemrosesan dengan kualitas operasional yang handal dan pertukaran data dengan latensi rendah dan performa tinggi. 

Lokasi strategis E1 yang dekat dengan IIX (Cyber 1), Open-IX (IDC Duren Tiga) dan pusat exchange lainnya memungkinkan interkoneksi yang cepat dan efisien–meningkatkan kinerja jaringan.

Desain pusat data ini juga mencakup rute fiber ganda dan beragam, menjamin konektivitas yang andal dan redundant.

"Gedung data center E1 ini menjadi realisasi kerja sama kedua DCI dan Salim Group dalam memperkuat DCI Platform yang sudah ada sebelumnya di Cibitung dan Karawang. Kami bangga bisa menyelesaikan gedung E1 tepat waktu dan berharap segera bisa membantu para pelaku bisnis di Indonesia dalam mempercepat proses digitalisasi di Indonesia untuk mampu bersaing di tingkat global," ujar Executive Director Salim Group, Axton Salim, dalam kesempatan yang sama.

Dengan mulai beroperasinya gedung E1 pada tanggal 18 Desember 2023, tidak hanya memperkuat solusi yang ditawarkan oleh DCI tetapi juga menunjukkan komitmen perusahaan dalam memperluas skalabilitas layanan infrastruktur pusat data dengan operasional terbaik. 

Dengan beroperasinya E1, DCI Platform mempunyai 2 hyperscale data center campus (di Cibitung dan Karawang) dan 1 edge data center, memberikan 3 lokasi yang diverse untuk melayani strategi IT secara komprehensif untuk yang memerlukan DC/DRC maupun availability zone yang berbeda.

Melalui pencapaian ini, DCII berkomitmen untuk menguatkan ekosistem infrastruktur pusat data di Indonesia. 

Dengan kapasitas total sebesar 82 MW dan kemampuan untuk berkembang hingga 1.000 MW, DCII bertekad untuk terus mendukung pertumbuhan pasar cloud, platform digital, perusahaan, AI, dan lain-lain, secara langsung berkontribusi pada perkembangan infrastruktur digital yang berkesinambungan di Indonesia, dan menunjukkan kecakapan dan potensi Indonesia sebagai pusat data regional yang terpercaya. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.