Note

Jamu Resmi Jadi Warisan Budaya Takbenda, Begini Respons Mustika Ratu (MRAT)

· Views 27
Jamu Resmi Jadi Warisan Budaya Takbenda, Begini Respons Mustika Ratu (MRAT)
Jamu Resmi Jadi Warisan Budaya Takbenda, Begini Respons Mustika Ratu (MRAT) (foto: MNC Media)

IDXChannel - United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) baru saja secara resmi menetapkan budaya sehat jamu sebagai Warisan Budaya TakBenda (WBTb).

Hal tersebut ditetapkan oleh lembaga dunia di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu dalam sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, di Kasane, Botswana, Rabu (6/12/2023) lalu.

Penetapan tersebut pun disambut antusias oleh PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), yang terbukti telah puluhan tahun konsisten melestarikan jamu, sekaligus menjadikannya sebagai minuman kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Kami turut berbangga atas penetapan jamu sebagai Warisan Budaya TakBenda oleh UNESCO ini," ujar Presiden Direktur Mustika Ratu, Bingar Egidius Situmorang, dalam keterangan resminya, Senin (18/12/2023).

Pada 2022, 170 dari 194 negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melaporkan penggunaan penggunaan obat tradisional, yang terdiri atas obat herbal maupun pengobatan tradisional lainnya. 

Jamu yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia sejak berabad-abad silam merupakan ramuan obat tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami, seperti akar-akaran, daun-daunan, buah-buahan, dan rempah-rempah dengan beragam khasiat, mulai dari untuk pencegahan, pengobatan, pemulihan, hingga pemeliharaan kesehatan dan kecantikan.
 
Dengan adanya pengakuan UNESCO, diharapkan jamu akan semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat dunia. Dengan demikian, hal ini tentu dapat diharapkan bakal memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi Indonesia.

"PT Mustika Ratu Tbk sebagai perusahaan produsen jamu terkemuka di Indonesia menyadari pentingnya upaya pelestarian jamu," tutur Bingar.

Bahkan sejak pertama kali didirikan di tahun 1975, Mustika Ratu yang dirintis oleh BRA Mooryati Soedibyo memulainya dengan berjualan jamu di skala rumahan dan UMKM. 

Hingga kini, PT  Mustika Ratu telah berkembang pesat. Menembus pasar ekspor sudah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu. Hampir di seluruh benua di dunia, dapat ditemui produk Mustika Ratu. 
Keberhasilan menembus pasar global tersebut menjadi bentuk peran aktif Mustika Ratu dalam upaya melestarikan jamu sebagai salah satu kearifan lokal Indonesia yang masih lestari hingga kini. 

Sebagai produsen jamu modern terkemuka, PT Mustika Ratu Tbk bahkan fokus memaksimalkan potensi obat herbal tradisional selama pandemi. Produk-produk seperti vitamin, suplemen herbal dan madu merupakan sejumlah barang yang mengalami peningkatan permintaan saat wabah corona melanda. 
"Peluang biofarmaka sangatlah besar di Indonesia. Dengan dukungan para pemangku kepentingan, Indonesia tentu bisa memaksimalkan diri sebagai eksportir suplemen kesehatan herbal. Menurut analisis Euromonitor pada tahun 2020, forecast penjualan jamu dan obat herbal nasional di Indonesia mencapai Rp23 triliun per tahun 2025. Di mana hingga tahun 2020 kemarin, sudah mencapai Rp13,8 triliun," tutur Bingar.

Mustika Ratu terus mengembangkan diversifikasi produknya namun tanpa meninggalkan fokus di beauty, natural health care dan wellness. 

Mustika Ratu, salah satu perusahaan jamu terkemuka di Indonesia, terus berinovasi dalam mengembangkan produk jamu modern. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing jamu Indonesia di pasar global.

Salah satu inovasi yang dilakukan Mustika Ratu adalah dengan menghadirkan produk jamu Ready to Drink (RTD). Jamu RTD merupakan jamu yang dikemas secara modern dan praktis untuk dikonsumsi.

"Mustika Ratu mengembangkan dan melakukan inovasi berkelanjutan atas jamu. Ini dilakukan dengan misi mulia agar jamu semakin dikenal akan khasiatnya. Kami selalu mengeksplorasi cara-cara baru dan inovatif untuk mengangkat jamu Indonesia makin diakui dunia," ujar Direktur MRAT, Kusuma Ida Anjani, dalam kesempatan yang sama.

Keberhasilan produk jamu Mustika Ratu hingga diterima oleh konsumen global membuktikan bahwa produk lokal bisa menembus pasar mancanagara. Jamu yang selama ini identik dengan tradisional, telah dikembangkan dan dikemas sedemikian rupa oleh Mustika Ratu dengan teknologi terkini hingga memenuhi standar produk kelas dunia.

Dengan upaya-upaya yang berkelanjutan yang dilakukan oleh Mustika Ratu dan dengan dukungan Pemerintah Indonesia, jamu diharapkan akan terus berkembang dan menjadi warisan budaya Indonesia yang adaptif terutama untuk generasi mendatang. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.