Note

ANTM Digugat Pailit Karena Emas, Faisal Basri: Tidak Masuk Akal

· Views 39
ANTM Digugat Pailit Karena Emas, Faisal Basri: Tidak Masuk Akal
ANTM Digugat Pailit Karena Emas, Faisal Basri: Tidak Masuk Akal. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Aneka Tambang (Antam) digugat pailit dalam perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Meski begitu, Ekonom Faisal Basri menilai BUMN pertambangan itu tidak akan dinyatakan pailit.

"Ya, katakanlah misalnya Antam kalah PKPU sehingga dinyatakan pailit dan aset-aset Antam dilelang oleh kurator. Tapi, tidak semudah itu, meskipun sudah ada kekuatan hukum tetap," kata Faisal di Jakarta, Senin, (18/12/2023).

Baca Juga:
ANTM Digugat Pailit Karena Emas, Faisal Basri: Tidak Masuk Akal PKPU Crazy Rich Surabaya Ditolak ANTAM (ANTM), Ini Alasannya

Menurut Faisal, ada beberapa alasan kenapa Antam tidak perlu mengkhawatirkan gugatan PKPU apalagi hingga dinyatakan pailit.

"Secara teori mungkin Antam bisa kalah PKPU. Tapi untuk dinyatakan pailit tidak semudah itu. Secara logic saja, Antam ini asetnya masih sehat dan memiliki kemampuan bayar yang tinggi, sehingga tidak masuk akal jika dijatuhi PKPU," jelasnya.

Baca Juga:
ANTM Digugat Pailit Karena Emas, Faisal Basri: Tidak Masuk Akal Digugat Crazy Rich Surabaya, Antam (ANTM) Bakal Hormati Proses Hukum

Faisal menyebut, belum lagi posisi Antam yang selalu mencatatkan keuntungan optimal pada tiap tahunnya. Misalnya pada kuartal III-2023, anggota holding PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) ini membukukan laba periode berjalan pada sebesar Rp2,85 triliun. Laba ANTM ini tumbuh 8% dibandingkan periode sama tahun 2022 yang sebesar Rp2,63 triliun. 

Capaian kinerja Keuangan ANTM yang positif juga tercermin dari capaian Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) sebesar Rp 5,40 triliun.

Baca Juga:
ANTM Digugat Pailit Karena Emas, Faisal Basri: Tidak Masuk Akal Laba Aneka Tambang (ANTM) Tumbuh 8 Persen hingga September 2023
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.