Note

9 Daftar Saham dengan PBV Tertinggi dan PER yang Meroket, Tertarik?

· Views 45
9 Daftar Saham dengan PBV Tertinggi dan PER yang Meroket, Tertarik?
9 Daftar Saham dengan PBV Tertinggi dan PER yang Meroket, Tertarik? (Foto: Daftar Saham dengan PBV Tertinggi)

IDXChannel – Apakah daftar saham dengan PBV tertinggi dan juga PER tertinggi masih layak di koleksi jelang akhir 2023? Rasio harga terhadap buku (PBV) dan rasio harga terhadap pendapatan (PER) adalah dua metrik yang digunakan untuk menentukan penilaian suatu saham.

PBV mengukur seberapa mahal atau murah suatu saham dengan membandingkan harga saat ini dengan nilai buku. Book Value per Share menunjukkan nilai ekuitas setiap saham.

Baca Juga:
9 Daftar Saham dengan PBV Tertinggi dan PER yang Meroket, Tertarik? Saham Maskapai Penerbangan dengan PBV Terendah di BEI 2023, Siapa Nomor 1?

Nilai PBV yang ideal adalah 1. Artinya, saham tersebut akan dijual pada harga wajarnya saat ini. Jika PBV di bawah 1 berarti saham tersebut masih undervalued karena kurang dari nilai wajarnya, sedangkan jika PBV  tinggi maka saham tersebut dianggap “overvalued”.

Sebaliknya, P/E (PER) mengukur penilaian suatu saham dengan membandingkan harga saham saat ini dengan laba bersih per saham (earning per share/EPS). Rasio ini melihat mahal atau murahnya suatu saham berdasarkan kemampuan emiten dalam menghasilkan laba bersih.

Baca Juga:
9 Daftar Saham dengan PBV Tertinggi dan PER yang Meroket, Tertarik? 5 Saham Batu Bara dengan PBV Terendah untuk Jangka Panjang

Semakin tinggi PER, makin bernilai nilai saham suatu perusahaan, alias mahal. Idealnya, nilai PER Investor lebih menyukai nilai di bawah 15. Meskipun rasio P/E di bawah 7 secara teori dianggap sebagai saham yang undervalued, Anda harus memperhatikan mengapa rasio P/E sangat rendah.

Secara teknis, PBV dan P/E digunakan untuk mengetahui saham-saham yang masih underpricing atau setidaknya tidak jauh dari nilai wajarnya. Namun  PBV dan P/E tidak memberikan informasi rinci mengenai perkembangan bisnis emiten.

Baca Juga:
9 Daftar Saham dengan PBV Tertinggi dan PER yang Meroket, Tertarik? 3 Cara Menghitung Saham Murah atau Mahal selain dengan PER dan PBV 
Halaman : 1 2 3

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.