Note

Akuisisi Gudang Rp97,5 Miliar, Vastland (VAST) Optimistis Pendapatan Bisa Naik 30 Persen

· Views 28
Akuisisi Gudang Rp97,5 Miliar, Vastland (VAST) Optimistis Pendapatan Bisa Naik 30 Persen
Akuisisi Gudang Rp97,5 Miliar, Vastland (VAST) Optimistis Pendapatan Bisa Naik 30 Persen

IDXChannel - PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) mengakuisisi tanah dan bangunan berupa gudang yang masing-masing memiliki luas 39.450 meter persegi dan 18.045 meter persegi di Tangerang, Banten pada 12 Desember 2023. 

Tanah dan bangunan berupa gudang senilai Rp97,5 miliar tersebut sudah beroperasi dan disewa oleh pelanggan yang mayoritas berasal dari sektor e-commerce dan fulfillment center. Dengan beroperasinya gudang baru tersebut, diyakini akan meningkatkan pendapatan perseroan 30%.

Baca Juga:
Akuisisi Gudang Rp97,5 Miliar, Vastland (VAST) Optimistis Pendapatan Bisa Naik 30 Persen Kebutuhan Terus Naik, Vastland (VAST) Optimistis Okupansi Gudang Meningkat

“Ekspansi VAST di wilayah ini untuk mengantisipasi permintaan pergudangan dan menambah presensi perseroan di wilayah baru, mengingat peningkatan yang mereka alami selama tahun 2023,” kata Direktur Keuangan VAST Stanley V Gunawan dalam keterangan resminya, dikutip Senin (18/12/2023).

Dia mengatakan, inisiatif untuk mengakomodasi peningkatan permintaan juga dilakukan karena prospek kawasan industri dan gudang diprediksi positif untuk jangka panjang. 

Baca Juga:
Akuisisi Gudang Rp97,5 Miliar, Vastland (VAST) Optimistis Pendapatan Bisa Naik 30 Persen Pendapatan Naik 11 Persen, Vastland (VAST) Bakal Dorong Digitalisasi Pergudangan

Selama kuartal III-2023, sektor transportasi dan pergudangan mencatatkan pertumbuhan tertinggi, yaitu mencapai 14,74% year on year (YoY), dengan kontribusi 5,98% terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Prospek pergudangan masih cerah, roda ekonomi semakin cepat berputar sehingga kebutuhan untuk pergudangan juga terus tinggi,” ujar Stanley.

Baca Juga:
Akuisisi Gudang Rp97,5 Miliar, Vastland (VAST) Optimistis Pendapatan Bisa Naik 30 Persen Vastland (VAST) Bidik Ekspansi Digital Pergudangan untuk Tingkatkan Kinerja di 2023

Seiring pertumbuhan industri nasional, lanjut Stanley, akan ada peningkatan kebutuhan akan pergudangan akibat adanya peningkatan aktivitas dan pemerataan ekonomi nasional. 

Meski pascapandemi Covid-19 sudah banyak orang yang berpergian keluar untuk membeli kebutuhan, akan tetapi kebiasaan bertransaksi melalui e-commerce sudah terbentuk sehingga kebutuhan logistik atau ekspedisi untuk memenuhi berbagai pesanan tetap tinggi.

Meski selama ini mayoritas pelanggan VAST adalah distributor dan FMCG, Vastland sudah mulai melakukan diversifikasi pelanggan dengan menambahkan layanan exposure fulfillment center dan last mile logistics untuk beradaptasi dengan kebutuhan pasar dan mengurangi risiko ketergantunan terhadap segmen pelanggan tertentu.

“Kami berharap diversifikasi ini akan menghasilkan tambahan pendapatan bagi perseroan,” ucap Stanley.

Selain itu, dia menambahkan, diversifikasi pelanggan juga dapat memaksimalkan potensi okupansi gudang perseroan sekaligus meminimalisir risiko akan ketergantungan terhadap sektor pelanggan tertentu. 

(RNA) 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.