Note

Pasang Harga Tender Offer Rp250, Emiten Anthoni Salim (META) Gelar RUPSLB Besok

· Views 44
Pasang Harga Tender Offer Rp250, Emiten Anthoni Salim (META) Gelar RUPSLB Besok
Pasang Harga Tender Offer Rp250, Emiten Anthoni Salim (META) Gelar RUPSLB Besok

IDXChannel - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) akan mengembalikan status perusahaan dari perusahaan publik menjadi perusahaan tertutup (go private). Soal itu, perseroan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) besok, Selasa (19/12/2023).

Emiten infrastruktur milik Antoni Salim ini telah mengumumkan rencana go private pada 10 November 2023 lalu, dengan menerbitkan informasi kepada pemegang saham dan pemberitahuan akan diselenggarakannya RUPSLB pada situs web BEI dan situs web perseroan.

Baca Juga:
Pasang Harga Tender Offer Rp250, Emiten Anthoni Salim (META) Gelar RUPSLB Besok Bersiap Delisting, BEI Suspensi Saham Nusantara Infrastructure (META)

"RUPSLB untuk menyetujui rencana go private dijadwalkan pada tanggal 19 Desember 2023 pada pukul 10.00 WIB sampai selesai," kata Direktur Utama M Ramdani dalam keterangannya, dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (18/12/2023). 

Jika rencana go private disetujui dalam RUPSLB, maka penawaran untuk membeli saham yang dimiliki oleh para pemegang saham publik akan dilakukan melalui penawaran tender atau tender offer oleh PT Metro Pacific Tollways Indonesia Services (MPTIS).

Baca Juga:
Pasang Harga Tender Offer Rp250, Emiten Anthoni Salim (META) Gelar RUPSLB Besok Nusantara Infrastructure (META) Segera Hengkang, Ini Tanggapan BEI 

Sekadar informasi, MTIS adalah perusahaan yang tearfiliasi dengan PT Metro Pacific Tollways Indonesia (MPTI). Adapun MPTI merupakan entitas induk utama perseroan.  

Sementara dalam penawaran tender sukarela, MPTIS berencana membeli saham  dari para pemegang saham perseroan sebanyak-banyak 4.490.444.344 saham atau setara 25,35% yang dimiliki secara kumulatif oleh PT Indonesia Infrastructure Finance dan Masyarakat dan lainnya.

Baca Juga:
Pasang Harga Tender Offer Rp250, Emiten Anthoni Salim (META) Gelar RUPSLB Besok Nusantara Infrastructure (META) Punya Agenda Penting 19 Desember 2023, Apa Itu?

Dalam hal rencana go private disetujui oleh RUPSLB, maka penawaran tender oleh MPTIS dengan menggunakan harga Rp250 per saham. 

Ini merupakan harga premium yang 34% lebih tinggi dari harga rata-rata harga tertinggi perdagangan harian di BEI dalam jangka waktu 90 hari terakhir sebelum pengumuman RUPS untuk rencana go private, yaitu Rp187 per saham.

Baca Juga:
Pasang Harga Tender Offer Rp250, Emiten Anthoni Salim (META) Gelar RUPSLB Besok Nusantara Infrastructure (META) Buka Peluang Relisting di BEI

Jika rencana go private disetujui RUPSLB, dan setelah pelaksanaan penawaran tender sukarela jumlah pemegang saham perseroan menjadi kurang dari 50 pihak maka para pemegang saham publik yang tidak bersedia menjual sahamnya dalam periode penawaran tender sukarela akan menjadi pemegang saham perusahaan tertutup. 

"Dengan demikian, para pemegang saham publik tersebut tidak dapat lagi menjual sahamnya di BEI," ujar dia.

Sebagai informasi, jumlah pemegang saham publik perseroan saat ini sebanyak 12.491 pemegang saham.

Sementara jika ada saham pemegang saham publik yang sedang dijaminkan oleh pemegang saham publik yang bersangkutan maka pemegang saham publik yang bersangkutan hanya dapat berpartisipasi dalam penawaran tender jika sudah mendapatkan persetujuan dari kreditur pemegang jaminan saham tersebut.

Sedangkan untuk pemegang saham publik yang sahamnya sedang dalam sengketa, pemegang saham publik tidak dapat berpartisipasi dalam penawaran tender, kecuali dapat membuktikan sudah tidak ada sengketa atas kepemilikan saham dengan dibuktikan dengan dokumen bukti yang valid dan sah.

Alasan META Go Private

Adapun alasan META go private atau delisting dari Bursa, yakni setelah Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau rights issue pada 2010 dan 2018, perseroan tidak melakukan penggalangan dana (capital raising) dari pasar modal dan tidak ada rencana untuk melakukannya di masa depan.

Selain itu, kinerja keuangan per 30 Juni 2023 dan 30 September 2023 perseroan merugi, META sudah tidak memberikan dividen kepada pemegang sahamnya setelah tahun buku 2018.

Di samping itu, ada rencana pengembangan di anak usaha sektor jalan tol yang membutuhkan pendanaan besar dan karakteristik usaha tersebut membutuhkan periode yang lama untuk menghasilkan imbal balik investasi (return on investment).

Akibat dari rencana itu dapat menambah jangka waktu lebih panjang lagi untuk dapat memberikan dividen kepada pemegang sahamnya.

"Dengan rencana go private, pemegang saham akan memiliki kesempatan untuk menjual kepemilikan saham mereka dengan harga yang wajar dengan tetap mengacu pada ketentuan hukum yang berlaku," tutur M Ramdani.  

Berikut perkiraan tanggal-tanggal penting sehubungan dengan rencana go private META:

- RUPSLB: 19 Desember 2023
- Penyampaian dokumen-dokumen terkait dengan Pernyataan Penawaran Tender kepada OJK, BEI dan Perseroan: 22 Desember 2023
- Pengumuman dalam dua surat kabar harian mengenai Rencana Penawaran Tender: 22 Desember 2023
- Perkiraan tanggal efektif Pernyataan Penawaran Tender dari OJK: 5 Januari 2024
- Perkiraan Periode Penawaran Tender: 10 Januari 2024-9 Februari 2024
- Perkiraan tanggal pembayaran: 21 Februari 2024
- Laporan Hasil Penawaran Tender kepada OJK: 28 Februari 2024
- Perkiraan permohonan pencabutan efektifnya Pernyataan Pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Efek bersifat ekuitas atau Pernyataan Pendaftaran Perusahaan Publik kepada Otoritas Jasa Keuangan: 13 Maret 2024
- Perkiraan OJK mencabut efektifnya Pernyataan Pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Efek bersifat ekuitas dan/atau Pernyataan Pendaftaran Perusahaan Publik: 27 Maret 2024
- Perkiraan BEI membatalkan pencatatan Efek: 17 April 2024
- Perkiraan KSEI membatalkan penitipan kolektif: 17 April 2024.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.