Note

Sentuh Rekor Tertinggi Tahun Ini, Bagaimana Kilau Emas di 2024?

· Views 39
Sentuh Rekor Tertinggi Tahun Ini, Bagaimana Kilau Emas di 2024?
Sentuh Rekor Tertinggi Tahun Ini, Bagaimana Kilau Emas di 2024? Foto: MNC Media.

IDXChannel - Harga emas global menyentuh rekor tertinggi pada 1 Desember 2023, memperpanjang reli akhir tahun yang dapat berlanjut jika perekonomian AS melambat seperti yang diperkirakan.

Dewan Emas Dunia memperkirakan ada berbagai sentimen yang akan mendukung harga safe haven tersebut, mulai dari soft landing ekonomi, ketegangan global, hingga dekatnya pemilu di AS.

Baca Juga:
Sentuh Rekor Tertinggi Tahun Ini, Bagaimana Kilau Emas di 2024? Pasar Respons Positif Keputusan The Fed, Bursa Asia, Rupiah, dan Emas Berpesta

Bisakah Lonjakan Emas Bertahan?

Melansir Investopedia, Minggu (17/12/2023), kemungkinan itu masih ada, di mana untuk pengiriman Desember, mencapai titik tertinggi sepanjang masa di USD2.071 per troy ounce pada 1 Desember, dan telah naik selama tujuh selama delapan minggu terakhir.

Baca Juga:
Sentuh Rekor Tertinggi Tahun Ini, Bagaimana Kilau Emas di 2024? Harga Emas Berkilau, Simak Prospek Saham ANTAM (ANTM) Sebelum Trading  

Secara year-to-date, harga emas telah naik 12%.

Dewan menguraikan tiga kemungkinan skenario ekonomi untuk tahun depan. Salah satu di antaranya, ekspansi ekonomi tanpa perlambatan pertumbuhan dapat memberikan tekanan pada harga emas. 

Baca Juga:
Sentuh Rekor Tertinggi Tahun Ini, Bagaimana Kilau Emas di 2024? Harga Emas Antam (ANTM) Akhir Pekan Stagnan Rp1.114.000 per Gram

Dewan hanya melihat kemungkinan 5% hingga 10% skenario itu akan terwujud.

Namun, dengan perkiraan kemungkinan terjadinya soft landing sebesar 45% hingga 65%, dewan memperkirakan harga emas akan tetap datar dengan potensi kenaikan. 

Kemudian, skenario terakhir, dengan kemungkinan 25-55% terjadi soft landing, maka harga emas akan naik "lebih tinggi lagi.

Dengan kata lain, laporan tersebut mengakui bahwa soft landing secara tradisional tidak terlalu menarik bagi emas.

Namun, mereka memperingatkan bahwa setiap siklus berbeda dan kombinasi faktor-faktor seperti meningkatnya ketegangan geopolitik pada tahun pemilu yang penting bagi banyak negara besar, dikombinasikan dengan pembelian bank sentral yang terus berlanjut, dapat terus menopang harga emas.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.