Note

Pihak yang Optimistis dan Pesimistis usai Deal TikTok dan GOTO

· Views 41
Pihak yang Optimistis dan Pesimistis usai Deal TikTok dan GOTO
Pihak yang Optimistis dan Pesimistis usai Deal TikTok dan GOTO. (Foto: GoTo)

IDXChannel – Kabar media sosial TikTok mengakuisisi saham unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) di bidang e-commerce, PT Tokopedia, membuat heboh pasar. Sejumlah riset analis teranyar menunjukkan adanya keuntungan potensial untuk GOTO, kendati ada pula yang pesimistis.

Dalam keterangan resmi, Senin (11/12/2023), GOTO mengonfirmasi kabar bakal diterimanya gelontoran investasi hingga USD1,5 miliar dari Tiktok atau setara dengan Rp23,4 triliun (asumsi kurs Rp15.600 per dolar AS).

Baca Juga:
Pihak yang Optimistis dan Pesimistis usai Deal TikTok dan GOTO Dalam Genggaman Asing, Siapa Pemegang Saham Terbesar GOTO 2023?

Berbekal suntikan investasi tersebut, Tiktok akan menjadi pemegang saham pengendali di PT Tokopedia, yang disebut bakal mengkombinasikan bisnis aplikasi marketplace Tokopedia miliknya dengan layanan Tiktok Shop milik Tiktok.

Sebaliknya, semua fitur belanja dalam aplikasi Tiktok di Indonesia juga bakal berada dalam kendali manajemen Tokopedia.

Baca Juga:
Pihak yang Optimistis dan Pesimistis usai Deal TikTok dan GOTO TikTok Jadi Pengendali Tokopedia, GOTO Beberkan Fakta-Fakta Ini

Sebagaimana disampaikan melalui rilis resmi manajemen GOTO, pihak Tiktok nantinya bakal menguasai saham PT Tokopedia sebesar 75,01 persen. Sedangkan pihak GOTO bakal menjadi pemegang saham minoritas, dengan mempertahankan 24,99 persen kepemilikan sahamnya dari sebelumnya 100 persen.

Manajemen bilang, kepemilikan 24,99 persen tersebut tidak akan terdilusi oleh pendanaan TikTok di masa depan. Keseluruhan transaksi diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2024.

Baca Juga:
Pihak yang Optimistis dan Pesimistis usai Deal TikTok dan GOTO Patrick Walujo Borong 56,18 Juta Saham Gojek Tokopedia (GOTO), Rogoh Dana Segini

"TikTok berkomitmen menginvestasikan lebih dari USD1,5 miliar pada entitas Tokopedia secara jangka panjang," tulis manajemen GOTO, dalam rilis resminya tersebut, Senin (11/12). 

Selain gelontoran investasi tersebut, TikTok juga disebut telah menyiapkan pendanaan tambahan untuk pengembangan bisnis Tokopedia lebih lanjut. Dipastikan juga bahwa tambahan dana tersebut tidak akan mendolusi kepemilikan GOTO atas Tokopedia.

"GoTo dan TikTok juga menjajaki peluang kolaborasi strategi lanjutan, termasuk di area financial services dan on-demand services," jelas manajemen. 

Nantinya, kendati sudah bukan pengendali, GoTo akan menerima aliran pendapatan berkelanjutan dari Tokopedia sesuai dengan skala dan pertumbuhannya, yang akan berkontribusi langsung terhadap EBITDA perusahaan.

Diantisipasi Pasar, Sell on News

Kerja sama strategis antara GOTO dan TikTok tersebut menjadi kabar yang sudah diantisipasi pasar sejak akhir Oktober-awal November lalu.

Harga saham GOTO, yang sempat menyentuh level terendah Rp54 pada perdagangan intraday 16 Oktober 2023, mulai berbalik arah ke utara sejak awal November dan menyentuh Rp116 per saham pada 4 Desember 2023.

Namun, seiring konfirmasi deal diumumkan ke publik, pasar merespons negatif alias sell on news. Harga saham GOTO anjlok 20,37 persen ke Rp86 per saham pada Senin (11/12). Sempat rebound 9,30 persen pada Selasa (12/12), saham GOTO anjlok lagi sebesar 5,32 persen pada Rabu (13/12).

Pada Jumat (15/12), saham GOTO turun 1,06 persen secara harian ke posisi Rp93 per saham, alias kembali ke bawah level psikologis Rp100 per saham. (Lihat grafik di bawah ini.)

Pihak yang Optimistis dan Pesimistis usai Deal TikTok dan GOTO

Pandangan Para Analis

Tim Riset IDX Channel mengompilasi 10 hasil riset para analisis perusahaan sekuritas (broker) seiring pengumuman kerja sama TikTok dan GOTO pada 11 Desember 2023.

Dari 10 riset tersebut, sebanyak enam analis merekomendasikan beli saham GOTO, dengan dua analis menyarankan jual, dan dua sisanya memasang posisi netral.

Target harga tertinggi untuk saham GOTO dari riset tersebut berada di level Rp150 per saham, dari riset Ciptadana Sekuritas pada 11 Desember 2023. Sedangkan, target harga terendah dari Sucor Sekuritas Rp68per saham, lebih rendah dari posisi per 15 Desember (Rp93).

Secara rata-rata, dari 10 riset di muka, target harga saham GOTO berada di level Rp99 per saham, memiliki potensi upside atau kenaikan 6,56 persen dibandingkan harga penutupan 15 Desember. (Lihat tabel di bawah ini.)

Pihak yang Optimistis dan Pesimistis usai Deal TikTok dan GOTO

Analis yang Optimistis

Bagi para analisis yang optimistis, masuknya TikTok, yang mana unit bisnis TikTok Shop sempat dilarang oleh pemerintah beberapa waktu lalu, ke Tokopedia bisa menjadi tambahan daya gedor untuk GOTO.

Riset BRI Danareksa Sekuritas pada 12 Desember 2023, misalnya, mejelaskan, GOTO mengamankan aliran pendapatan masa depan sebagai pemegang saham minoritas sebesar 24,99% dalam bentuk: a) pendapatan dari entitas asosiasi dan potensi dividen, b) aliran pendapatan yang disepakati sebagai bentuk take-rate pada GTV (Gross Transaction Value) TikTok Shop/Tokopedia, dan c) meningkatkan ekosistem GOTO dari lalu lintas TikTok Shop/Tokopedia dengan menjadi mitra pilihan.

“Secara keseluruhan, kami positif terhadap kesepakatan ini karena hal ini menempatkan Tokped sebagai penantang yang lebih baik, karena upaya para pemain e-commerce untuk mendapatkan GTV yang lebih tinggi masih memerlukan upaya yang signifikan (Lazada baru-baru ini juga mendapatkan suntikan dana sebesar USD645 juta, yang merupakan suntikan ketiga pada tahun 2023),” jelas riset BRI Danareksa, dikutip IDXChannel, Sabtu (16/12).

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.