Note

Asing Ramai-Ramai Borong Saham Bank Kakap, BMRI hingga BBCA Melesat

· Views 46
Asing Ramai-Ramai Borong Saham Bank Kakap, BMRI hingga BBCA Melesat
Asing Ramai-Ramai Borong Saham Bank Kakap, BMRI hingga BBCA Melesat. (Foto: Freepik)

IDXChannel – Saham emiten bank besar menjadi buruan investor asing selama sepekan. Kinerja sahamnya pun melompat pada periode tersebut.

Saham bank BUMN PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mencatatkan nilai beli bersih (net buy) asing terbesar dalam seminggu, yakni Rp445,3 miliar di pasar reguler. Harga Saham BMRI melejit 3,51 persen selama sepekan.

Baca Juga:
Asing Ramai-Ramai Borong Saham Bank Kakap, BMRI hingga BBCA Melesat Pendiri KINO Jual 21,8 Juta Saham, Cuan Rp30 Miliar

Saham bank pelat merah lainnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) juga terapresiasi 3,26 persen sepekan seiring masuknya aliran dana asing sebesar Rp425,5 miliar.

Tidak ketinggalan, saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) juga mencatatkan net buy, yaitu sebesar Rp184,2 miliar, dengan kenaikan harga 3,94 persen.

Baca Juga:
Asing Ramai-Ramai Borong Saham Bank Kakap, BMRI hingga BBCA Melesat Pasar Keuangan Domestik Cenderung Sideways, Begini Dampaknya ke Pergerakan Saham 

Saham emiten bank swasta terbesar PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) tak luput dari sasaran borong asing, dengan nilai net buy Rp189,4 miliar. Harga saham BBCA melompat 5,43 persen dalam sepekan.

Keempat nama di atas memang menduduki deretan lima besar net buy asing terbesar selama pekan ini.

Baca Juga:
Asing Ramai-Ramai Borong Saham Bank Kakap, BMRI hingga BBCA Melesat IHSG Ditutup Cerah Dekati Level 7.200, Transaksi Saham Tembus Rp20,9 Triliun

Secara umum, investor asing membukukan net buy Rp45,63 miliar di pasar reguler. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sendiri naik 0,44 persen ke 7.190,9 dalam seminggu.

Kabar baik dari bank sentral paling powerful di dunia, Federal Reserve (The Fed) Amerika Serikat (AS) membuat pasar mengalami euforia.

Hal itu terjadi setelah The Fed kembali menahan suku bunga untuk kali ketiga beruntun dan memperkirakan bahwa bank sentral tersebut akan memangkas suku bunga sebanyak tiga kali pada tahun mendatang.

Dalam pernyataannya, The Fed mempertahankan suku bunga tetap stabil, seperti yang diharapkan, dan 17 dari 19 pejabat bank sentral itu dengan suara bulat memperkirakan kebijakan suku bunga akan lebih rendah pada akhir 2024.

The Fed sejak Maret 2022 telah menaikkan suku bunga sebesar 525 basis poin sebagai upaya mengendalikan inflasi.

“Pernyataan tersebut memberi tahu kita bahwa The Fed sedang melihat apa yang sudah mulai diabaikan oleh pasar, bahwa inflasi akan kembali normal tanpa resesi,” kata Tom Martin, manajer portofolio senior di Globalt Investments di Atlanta.

"Kami berharap hal ini akan terjadi, tapi kami tidak menyangka akan terjadi,” sambungnya.

“Itu adalah perubahan yang sangat agresif,” ujar Ben Luk, ahli strategi makro global di State Street Asia Limited, dikutip dari Reuters.

“The Fed telah mengikuti ekspektasi pasar dalam hal mengizinkan satu kali penurunan suku bunga lagi untuk ditambahkan pada (prospek) tahun 2024 dan 2025,” katanya. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.