Note

Subsidi Modifikasi Motor Listrik Naik Jadi Rp 10 Juta, Perusahaan Juga Dapat

· Views 32
Subsidi Modifikasi Motor Listrik Naik Jadi Rp 10 Juta, Perusahaan Juga Dapat
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta

Pemerintah akan menaikkan subsidi untuk konversi atau modifikasi motor BBM ke motor listrik dari Rp 7 juta menjadi Rp 10 juta. Langkah ini sebagai upaya untuk menarik minat masyarakat beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

"(Naik Rp 10 juta) Iya," kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2023).

Dadan mengatakan, pemerintah tengah merevisi Peraturan Menteri (Permen) ESDM untuk mengakomodir kebijakan tersebut. Revisi Permen tersebut dalam proses pengundangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan, sasaran subsidi konversi ke motor listrik juga ditambah. Dari sebelumnya hanya perorangan, nantinya badan usaha juga bisa mendapatkan subsidi tersebut.

"Kita kan sekarang revisi Permen-nya. Dulu itu Permen-nya itu hanya untuk perorangan malah non-PNS. Sekarang kita revisi Permen-nya, sudah terbit, sekarang lagi proses pengundangan, bahwa nanti pun badan usaha pun bisa," jelas Dadan.

Dadan mengatakan, sudah ada perusahaan yang disasar untuk konversi motor listrik. Ia berharap, Permen yang baru diundangkan hari ini.

"Sudah, kalau disasarnya sudah, tapi kan Permen-nya...ini masih pengundangan. Mudah-mudahan hari Permen-nya sudah diundangkan," katanya.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengakui minat masyarakat untuk konversi motor BBM ke motor listrik masih rendah. Hal itu berdampak terhadap penyerapan anggaran kementeriannya sehingga baru mencapai 59,03%.

"Penyerapan anggaran Kementerian ESDM sampai 18 November 2023 mencapai 59,03%, masih terdapat deviasi -5,68%. Realisasi ini masih rendah terutama disebabkan pada kegiatan insentif konversi motor BBM ke motor listrik, di mana minat masyarakat yang masih rendah," kata Arifin dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Selasa (21/11) lalu.

(acd/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.