Note

RI Mau Punya Smelter Titanium, Ini Respons Kementerian ESDM

· Views 39
RI Mau Punya Smelter Titanium, Ini Respons Kementerian ESDM
Foto: PLN
Jakarta

Indonesia bakal punya smelter pertama titanium. Smelter ini akan dibangun di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung dengan nilai investasi Rp 1,3 triliun. Lalu, bagaimana cadangan bahan bakunya?

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengaku tak hafal cadangan bahan baku smelter tersebut. Namun, ia menilai jika smelter telah dibangun tentu telah memperhitungkan cadangannya.

Ia menambahkan, titanium sendiri merupakan material yang sedikit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Nanti saya cek ya, tapi kalau kita membangun sesuatu, pasti dong sudah harus yakin ada barangnya di dalam negeri. Tapi saya terus terang nggak hafal. Itu kan material-material yang bukannya tidak umum, tapi jumlahnya kan sedikit," katanya di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Dia mengatakan, titanium merupakan material bernilai tinggi. Dia mengatakan, kehadiran smelter itu diharapkan dapat mengurangi impor.

"Ya pasti," kata Dadan.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung upaya pengembangan industri smelter titanium lantaran sejalan dengan kebijakan hilirisasi. Selain itu Indonesia juga memiliki cadangan mineral yang melimpah.

"Pemerintah secara aktif memacu hilirisasi industri dalam rangka peningkatan nilai tambah bahan baku mineral di dalam negeri," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangannya, Jumat (8/12).

Agus memberikan apresiasi kepada PT Bersahaja Berkat Sahabat Jaya yang telah merealisasikan investasinya untuk pembangunan industri pengolahan atau pemurnian (smelter) ilmenite menjadi produk titanium slag.

Smelter titanium ini dibangun di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung dengan investasi Rp 1,3 triliun, berkapasitas produksi 100 metrik ton per hari, dan akan memainkan peran dalam memenuhi kebutuhan titanium di dalam negeri maupun global.

"Kami mengharapkan smelter ini sebagai langkah maju dalam meningkatkan sektor industri dan kemandirian negara dalam memproduksi titanium. Karenanya, dukungan terhadap PT Bersahaja dapat ikut memajukan daerah dan juga Indonesia," ucap Direktur Utama PT Bersahaja Berkat Sahabat Jaya, Arbi Leo.

Ini menjadi smelter titanium pertama di Indonesia, dan saat ini progress pembangunannya sudah mencapai 75%. Dengan dibangunnya smelter tersebut, Indonesia dapat meningkatkan nilai tambah dalam industri ini, mengurangi ketergantungan pada impor dan meningkatkan nilai tambah dalam rantai pasok industri.

(acd/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.