Note

Jasa Marga (JSMR) Beri Pinjaman Rp2,7 Triliun ke Anak Usaha

· Views 37
Jasa Marga (JSMR) Beri Pinjaman Rp2,7 Triliun ke Anak Usaha
Jasa Marga (JSMR) Beri Pinjaman Rp2,7 Triliun ke Anak Usaha

IDXChannel - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memberikan fasilitas pinjaman atau Shareholder Loan (SHL) kepada salah satu anak usahanya, PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) sebesar Rp2.703.685.431.089 atau Rp2,7 triliun.

Perjanjian pemberian fasilitas pinjaman dengan tingkat suku bunga 7,5 persen itu telah dilakukan pada 12 Desember 2023. Adapun jangka waktu perjanjian berlaku sejak tanggal perjanjian diteken oleh para pihak hingga 30 Juni 2024. 

Baca Juga:
Jasa Marga (JSMR) Beri Pinjaman Rp2,7 Triliun ke Anak Usaha Melesat 493,25 Persen, Jasa Marga (JSMR) Kantongi Laba Rp5,97 Triliun di Kuartal III 2023

"Pihak-pihak yang terkait pada rencana transaksi ini adalah perseroan sebagai pihak pemberi pinjaman dan JKC sebagai penerima pinjaman. Perseroan merupakan entitas induk dari JKC dengan porsi kepemilikan sebesar 78,53%," tulis manajemen, dikutip dari keterbukaan informas Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (14/12/2023). 

Sementara itu, alasan dan latar belakang pemberian pinjaman, yakni refinancing atas kredit investasi JKC akan memberikan dampak kinerja keuangan JKC yang lebih baik. Selain itu, untuk melunasi kredit investasi eksisting agar tidak terkena pinalti pelunasan.

Baca Juga:
Jasa Marga (JSMR) Beri Pinjaman Rp2,7 Triliun ke Anak Usaha Jasa Marga (JSMR) Anggarkan Rp10 Triliun untuk Belanja Modal, Ini Sumber Dananya

"Transaksi tersebut dilakukan dalam rangka untuk melunasi kredit investasi eksisting agar tidak terkena pinalti pelunasan sebesar 5%," tulis manajemen.

Keuntungan dengan dilaksanakan transaksi tersebut, maka pembayaran cicilan pokok oleh JKC akan lebih landai dan memiliki tingkat suku bunga lebih kompetitif. Dengan demikian, perseroan dapat mengurangi potensi pemberian pinjaman untuk memenuhi cash deficiency kepada JKC.

Baca Juga:
Jasa Marga (JSMR) Beri Pinjaman Rp2,7 Triliun ke Anak Usaha Jasa Marga (JSMR) Prediksi 2,88 Juta Kendaraan Keluar Jabodetabek saat Libur Nataru

Sedangkan kerugian bagi perseroan atas rencana transaksi adalah terdapat tambahan pengeluaran kas yang digunakan untuk membiayai pengeluaran JKC. Namun tidak memberikan dampak negatif terhadap laporan keuangan JSMR.   

Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi yang telah melalui prosedur sesuai dengan POJK No 42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan. Transaksi tidak mengandung benturan kepentingan  sebagiaman dimaksud dalam ketentuan POJK No 42/2020. 

Baca Juga:
Jasa Marga (JSMR) Beri Pinjaman Rp2,7 Triliun ke Anak Usaha Jasa Marga (JSMR) Tambah Petugas dan Armada Operasional selama Nataru

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.