Note

Masa Libur Nataru, Pasokan Sekaligus Distribusi BBM dan LPG Dipastikan Aman

· Views 30

Pasardana.id - Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyampaikan, bahwa pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG dipastikan aman dan cukup memenuhi kebutuhan pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Untuk kuota, Insyaallah siap dan cukup untuk disalurkan kepada masyarakat," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, (14/12).

Irto mengakui kalau tren pada libur Natal dan Tahun Baru biasanya terjadi lonjakan permintaan dan kebutuhan terkait energi.

Meski demikian, kata dia, dapat dipastikan pasokan sekaligus distribusi energi ke seluruh wilayah di Indonesia aman.

Terkait ketahanan stok, Irto menyebut untuk solar 17 hari, minyak tanah 51 hari, dan Pertalite 19 hari. 

Sedangkan untuk jenis bahan bakar umum, Pertamax Series maupun Dex Series itu di 38 sampai 76 hari.

Kemudian, khusus LPG ketahanan stoknya mencapai 17 hari.

Menurut dia, pasokan di lembaga penyalur juga telah tercukupi dan akan ditingkatkan pasokannya.

Sementara untuk di sektor infrastruktur, pihaknya menyiapkan di antaranya 115 terminal BBM, 30 terminal LPG, 7.400 SPBU dan agen LPG hampir sekitar 5.000.

"Penambahan sekitar 3 sampai 4 persen itu kita tetap akan salurkan. Tujuannya supaya masyarakat dapat melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru 2024 dengan baik," ujarnya.

Untuk diketahui, Pertamina Group memastikan kesiapan operasional dan pemenuhan di sektor energi dalam rangka menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Dari hulu ke hilir semua akan bersinergi, akan bekerja 24 jam siang dan malam untuk menjamin bahwa kebutuhan energi kepada masyarakat dapat tersampaikan dengan baik," kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso.

Dia mengatakan, Pertamina membentuk Satgas Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang akan bekerja mulai 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mendatang guna menjamin ketersediaan energi bagi masyarakat.

Adapun perkiraan puncak arus libur Natal diprediksi terjadi pada tanggal 22 Desember 2023 dan Tahun Baru di 29 Desember 2023.

Sementara, arus balik pada 26 Desember untuk Natal dan 1 Januari 2024 untuk Tahun Baru.

 

 

 

 

 

 

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.