Note

Akuisisi Gudang di Tangerang, VAST Berpotensi Tingkatkan Omzet Hingga 30 Persen

· Views 67

Pasardana.id - Emiten pengembang properti pergudangan PT Vastland Indonesia Tbk (IDX: VAST) mengakuisisi tanah dan bangunan berupa gudang yang masing-masing memiliki luas 39.450 m2 dan sekitar 18.045 m2 di Tangerang, Banten pada tanggal 12 Desember 2023.

Tanah dan bangunan berupa gudang senilai Rp 97,5 miliar tersebut sudah beroperasi dan disewa oleh pelanggan yang mayoritas berasal dari sektor e-commerce dan fulfillment center, dan akan langsung memberikan tambahan pemasukan bagi Perseroan.

Dalam keterangan pers, Kamis (14/12), Direktur Keuangan VAST, Stanley V Gunawan mengungkapkan, bahwa ekspansi VAST di wilayah ini untuk mengantisipasi permintaan pergudangan dan menambah presensi perseroan di wilayah baru, mengingat peningkatan yang mereka alami selama tahun 2023.

Inisiatif untuk mengakomodasi peningkatan permintaan ini juga dilakukan karena prospek kawasan industri dan gudang diprediksi positif untuk jangka panjang.

Selama kuartal III/2023 sektor transportasi dan pergudangan mencatatkan pertumbuhan tertinggi, yaitu mencapai 14,74% year-on-year (yoy), dengan kontribusi 5,98% terhadap pertumbuhan ekonomi RI.

“Prospek pergudangan masih cerah, roda ekonomi semakin cepat berputar sehingga kebutuhan untuk pergudangan juga terus tinggi,” jelas Stanley.

“Ekspansi terbaru kami diperkirakan akan meningkatkan omset Perusahaan sekitar 30%,” sambungnya.

Diversifikasi

Meski selama ini mayoritas pelanggan VAST adalah distributor dan FMCG, Vastland sudah mulai melakukan diversifikasi pelanggan dengan menambahkan layanan exposure fulfillment center dan last mile logistics untuk beradaptasi dengan kebutuhan pasar dan mengurangi risiko ketergantunan terhadap segmen pelanggan tertentu.

“VAST berharap, diversifikasi ini akan menghasilkan tambahan revenue bagi Perseroan. Diversifikasi pelanggan juga dapat memaksimalkan potensi okupansi gudang Perseroan sekaligus meminimalisir risiko akan ketergantungan terhadap sektor pelanggan tertentu sehingga perseroan dapat tumbuh dengan stabil dan konsisten,” jelas Stanley.

Adapun Vastland sudah berkecimpung di bidang pergudangan selama lebih dari 10 tahun.

Perusahaan ini memiliki dan mengelola gudang di Lampung, Pekanbaru, Palembang, Bengkulu, Jambi, Klaten.

Dengan akuisisi ini, VAST resmi memperluas ekspansi gudang di wilayah Tangerang, yang kini sudah beroperasi dan memiliki penyewa yang berkualitas.

Sampai dengan 3Q23, VAST telah memperbaiki neraca keuangan yang stabil dengan DER sebesar 0.17 (vs 0.40 pada 9M22), perseroan juga mengalami kenaikan pada kas dan setara kas menjadi 10.1 miliar rupiah pada 9M23.

Hal-hal ini mengindikasikan Perseroan masih memiliki keuangan yang sehat untuk mendukung ekspansi yang akan datang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.