Note

Rampung Mei 2024, Kapasitas Smelter Baru Freeport Capai 1,7 Juta Ton/Tahun

· Views 30
Rampung Mei 2024, Kapasitas Smelter Baru Freeport Capai 1,7 Juta Ton/Tahun
Foto: Dok. Freeport Indonesia
Jakarta

Pembangunan smelter baru PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur akan rampung Mei 2024 mendatang. Jika sudah rampung maka kapasitas produksi Freeport akan mendapat tambahan 1,7 juta ton per tahun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada Freeport Indonesia yang melakukan ekspansi smelter melalui PT Smelting atau pada smelter yang lama. Dengan ekspansi tersebut, kapasitas smelter yang dikelola PT Smelting meningkat menjadi 1,3 juta ton.

"Saya sangat mengapresiasi, saya sangat menghormati apa yang telah dilakukan oleh PT Smelting yang berekspansi, sehingga kapasitas untuk produksi anoda maupun katoda tembaga naik dari 1 juta ton pertahun menjadi 1,3 juta ton per tahun," kata Jokowi dalam peresmian ekspansi tersebut seperti disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (14/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini menunjukkan komitmen PT Freeport Indonesia yang bekerja sama dengan Mitsubishi untuk menghilirkan, membangun hilirisasi dengan ekspansi, sehingga nilai tambah itu ada di Indonesia," tambahnya.

Jokowi berharap, smelter baru Freeport rampung. Dengan adanya smelter itu, maka ada kapasitas tambahan sebesar 1,7 juta ton per tahun.

"Yang paling penting bolak balik saya sampaikan nilai tambah ada di Indonesia, dan kita harapkan dengan pembangunan smelter yang ada di JIIPE Gresik ditambah lagi 1,7 juta ton per tahun," katanya.

Dengan demikian, kapasitas produksi untuk kedua smelter Freeport menjadi 3 juta ton per tahun. Adanya smelter-smelter ini diharapkan dapat memacu hadirnya industri-industri baru.

"Artinya 1 tahun smelter kita bisa berproduksi 3 juta ton per tahun, dan nilai tambahnya ada semua di Indonesia. Karena dengan itu nanti akan muncul industri baru seperti yang sudah ada juga dalam proses pembangunan untuk copper foil. Nanti akan banyak yang menuju ke negara kita untuk membangun industri-industri turunan tembaga," terangnya.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, smelter kedua Freeport akan rampung Mei 2024. Saat ini, progres pembangunan smelter telah mencapai 83%.

"Pada bulan Mei 2024 pembangunan smelter tembaga baru akan selesai dengan kapasitas 1,7 juta ton per tahun serta Precious Metal Refinery (PMR) sebesar 6.000 ton per tahun ini merupakan design single smelter terbesar di dunia bapak, yang hingga pada bulan November ini kemajuannya sudah mencapai 83%," jelasnya.

(acd/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.