Note

Tokopedia Akan Beli Kontrak Bisnis Hingga Hak Operasioanal TikTok Rp5,3 Triliun

· Views 55

Pasardana.id –Tokopedia setuju untuk membeli kontrak-kontrak bisnis,  hak eksklusif untuk memiliki serta mengoperasikan TikTok Shop di negara Republik Indonesia dengan harga total pembelian sebesar USD340 juta  atau setara dengan Rp5,338 triliun dari Tiktok.

Hal itu terungkap dalam jawaban manajemen GOTO atas pertanyaan operator bursa terkait rencana divestasi Tokopedia yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia(BEI), Kamis(14/12/2023).

Penyelesaian Rencana Pembelian Aset akan tunduk pada persyaratan pendahuluan tertentu, termasuk, Undang-Undang atau tindakan pemerintah yang berlaku atau telah diambil yang melarang, mencegah, memerintahkan atau membuat penyelesaian dari Rencana Pembelian Aset menjadi ilegal dan  pernyataan dan jaminan yang diberikan oleh Para Pihak tetap benar dan akurat pada tanggal penyelesaian,” tulis manajemen GOTO.

Sebaliknya, TikTok  akan mengambilbagian atas sejumlah 38.198.745 saham baru atau 75,01 persen kepemilikan  Tokopedia senilai  USD840 juta atau Rp13,188 triliun.

TikTok juga  berjanji untuk membayar Kewajiban surat utang Tokopedia dalam bentuk Promissory Note senilai USD1 miliar melalui satu tahapan atau lebih.

Pada masa transisi ini, GoTo setuju untuk memberikan layanan tertentu kepada Tokopedia setelah perjanjian tanggal 10 Desember 2023.

Adapun layanan itu terkait penyelesaian dalam hal layanan transisi untuk fungsi pajak selama  satu tahun. Lalu, layanan transisi lainnya, termasuk dalam, antara lain, dukungan e-commerce, keuangan (termasuk perbendaharaan, pelaporan, dan akuntansi), pemisahan pengguna dan sumber daya manusia Tokopedia selama memberikan enam bulan setelah tanggal penyelesaian transaksi.

GOTO dan TikTok sepakat  perjanjian pengambilbagian saham Tokopedia harus  selesai sebelum tanggal 31 Maret 2024.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.