Note

Keputusan bersejarah di COP28: era penggunaan bahan bakar fosil akan segera berakhir

· Views 37

Keputusan bersejarah di COP28: era penggunaan bahan bakar fosil akan segera berakhir


Perwakilan dari hampir 200 negara pada KTT iklim COP28 di hari Rabu sepakat agar mulai mengurangi konsumsi bahan bakar fosil skala global untuk mencegah dampak terburuk perubahan iklim, ini menandai berakhirnya kejayaan penggunaan minyak.

Kesepakatan tersebut terjadi di Dubai setelah dua pekan melakukan negosiasi yang alot, dimaksudkan sebagai sinyal kuat bagi investor dan pembuat kebijakan bahwa dunia bersatu dalam tekadnya untuk beralih dari bahan bakar fosil yang diyakini para ilmuwan sebagai harapan terakhir untuk mencegah bencana iklim. .

Presiden COP28 Sultan Al Jaber menyebut perjanjian tersebut bersejarah, namun menambahkan bahwa keberhasilan sebenarnya terletak pada implementasinya.

"Kita adalah apa yang kita lakukan, bukan apa yang kita katakan," katanya pada sesi pleno KTT tersebut. "Kita harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah perjanjian ini menjadi tindakan nyata."

Beberapa negara menyambut baik perjanjian tersebut sebagai pencapaian yang belum pernah dicapai dalam negosiasi iklim selama beberapa dekade.

"Untuk pertama kalinya, dunia bersatu dalam pesan yang jelas tentang perlunya beralih dari bahan bakar fosil," kata Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide.

Lebih dari 100 negara melakukan lobi keras untuk memasukkan penghapusan minyak, gas, dan batu bara ke dalam perjanjian COP28, namun mendapat perlawanan keras dari kelompok produsen minyak OPEC, yang dipimpin oleh Arab Saudi yang menyatakan bahwa dunia dapat mengurangi produksi minyak, gas, dan batu bara. emisi tanpa menghentikan secara bertahap jenis bahan bakar tertentu.

Karena konflik ini, pertemuan puncak pada hari Rabu ditunda satu hari penuh, dan beberapa pengamat khawatir bahwa negosiasi akan menemui jalan buntu.

Anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak menguasai hampir 80% cadangan terbukti minyak dunia dan sekitar sepertiga produksi minyak dunia, dan pemerintah mereka sangat bergantung pada pendapatan ini.

Sementara itu, negara-negara kepulauan kecil yang rentan terhadap perubahan iklim termasuk di antara negara-negara yang paling gigih mendukung penghapusan bahan bakar fosil secara bertahap dan didukung oleh produsen minyak dan gas besar seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Norwegia, serta Uni Eropa dan puluhan negara lainnya. pemerintahan lain.

Sampai batas tertentu, perjanjian ini menggambarkan apa yang sudah mulai terjadi: dalam beberapa tahun terakhir, beberapa negara telah menerapkan kebijakan untuk melakukan transisi menuju perekonomian yang lebih ramah lingkungan.

Eropa dan Amerika Serikat sudah menonaktifkan pembangkit listrik tenaga batubara; pemasangan sumber energi terbarukan secara global berada pada tingkat rekor dan banyak negara menerapkan kebijakan untuk merangsang penjualan kendaraan listrik.

Kesepakatan ini menyerukan kepada pemerintah untuk mempercepat proses ini – khususnya, untuk melipatgandakan kapasitas sumber energi terbarukan di seluruh dunia pada tahun 2030, untuk mempercepat upaya mengurangi penggunaan batu bara, dan untuk mempercepat pengembangan teknologi seperti penangkapan dan penyimpanan karbon, yang dapat membersihkan lingkungan. sektor-sektor yang sulit didekarbonisasi.

Beberapa negara penghasil minyak lainnya, termasuk UEA yang menjadi tuan rumah KTT tersebut, menganjurkan agar penangkapan karbon dimasukkan dalam pakta tersebut. Kritikus berpendapat bahwa teknologi tersebut masih mahal dan belum terbukti dalam skala besar dan mengatakan bahwa teknologi tersebut dapat digunakan untuk membenarkan kelanjutan pengeboran.

Kini setelah perjanjian ini berlaku, negara-negara bertanggung jawab untuk mencapai hasil melalui kebijakan nasional dan investasi.

Tiongkok yang saat ini merupakan pencemar karbon terbesar di dunia, menyarankan agar negara-negara industri maju harus memimpin proses ini.

"Negara-negara maju memikul tanggung jawab historis yang tidak dapat dihindari atas perubahan iklim," kata Wakil Menteri Perlindungan Lingkungan Tiongkok Zhao Yingmin setelah perjanjian tersebut disetujui.

Di Amerika Serikat, produsen minyak dan gas terbesar di dunia dan sumber emisi gas rumah kaca terbesar dalam sejarah, pemerintahan yang peduli terhadap perubahan iklim berjuang untuk mengesahkan undang-undang yang sesuai dengan janji-janji iklim mereka melalui Kongres yang terpecah.

Presiden Joe Biden meraih kemenangan besar tahun lalu dengan mengesahkan Undang-Undang Pengurangan Inflasi, yang mencakup subsidi energi bersih senilai ratusan miliar dolar.

Meningkatnya dukungan masyarakat terhadap sumber energi terbarukan dan kendaraan listrik dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari Brussel hingga Beijing, serta peningkatan teknologi, pengurangan biaya, dan peningkatan investasi swasta, juga berkontribusi terhadap cepatnya penerapan teknologi ini.

Meskipun demikian, minyak, gas, dan batu bara masih menyumbang sekitar 80% energi dunia, dan perkiraan kapan permintaan global pada akhirnya akan mencapai puncaknya sangat bervariasi.

Rachel Cleetus yang merupakan direktur kebijakan di Union of Concerned Scientist, memuji perjanjian iklim tersebut tetapi menyatakan bahwa perjanjian tersebut tidak mengharuskan negara-negara kaya untuk menawarkan lebih banyak dana guna membantu negara-negara berkembang membiayai transisi dari bahan bakar fosil.

"Ketentuan mengenai pendanaan dan pemerataan sangat tidak mencukupi dan harus diperbaiki di masa depan untuk memastikan negara-negara berpendapatan rendah dan menengah dapat melakukan transisi ke energi ramah lingkungan dan mengurangi kesenjangan kemiskinan energi," katanya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.