Note

The Fed Beri Sinyal Pangkas Suku Bunga di 2024, Saham Teknologi EDGE-GOTO Melesat

· Views 38
The Fed Beri Sinyal Pangkas Suku Bunga di 2024, Saham Teknologi EDGE-GOTO Melesat
The Fed Beri Sinyal Pangkas Suku Bunga di 2024, Saham Teknologi EDGE-GOTO Melesat. (Foto: Freepik)

IDXChannel – Saham emiten teknologi RI melesat pada lanjutan sesi I Kamis (14/12/2023), tersengat lonjakan Wall Street usai bank sentral AS Federal Reserve (The Fed) menahan suku bunga pada pertemuan teranyar dan memberi sinyal pembalikan dovish di 2024.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 10.57 WIB, indeks sektor teknologi (IDXTECHNO) melejit 3,81 persen, tertinggi di antara sektor lainnya.

Baca Juga:
The Fed Beri Sinyal Pangkas Suku Bunga di 2024, Saham Teknologi EDGE-GOTO Melesat Komisaris Utama Damai Sejahtera Borong Lagi 1,29 Juta Saham UFOE

Saham emiten data center yang terafiliasi Toto Sugiri PT Indointernet Tbk (EDGE) dan PT DCI Indonesia Tbk (DCII) masing-masing terbang 19,80 persen dan 11,19 persen.

Kemudian, saham Grup Emtek PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) juga mencuat 2,70 persen.

Baca Juga:
The Fed Beri Sinyal Pangkas Suku Bunga di 2024, Saham Teknologi EDGE-GOTO Melesat Tersengat The Fed, Emas Melonjak 2,7 Persen, Tembus USD2.000 Lagi

Saham emiten jasa ride-hailing dan e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), yang tengah ramai usai TikTok mengakuisisi mayoritas saham Tokopedia, juga menguat 2,25 persen. Di awal sesi, saham GOTO sempat melonjak 9 persen.

Selain itu, saham AXIO dan BUKA juga menghijau, masing-masing 2,16 persen dan 2,04 persen. Saham MTDL dan DIVA juga terkerek secara berturut-turut 1,63 persen dan 0,88 persen.

Baca Juga:
The Fed Beri Sinyal Pangkas Suku Bunga di 2024, Saham Teknologi EDGE-GOTO Melesat The Fed Rem Suku Bunga, Apa Untungnya Buat Indonesia?

Wall Street Pesta

Sementara, tiga indeks utama di bursa saham AS, Wall Street, kompak melejit.

Indeks Dow Jones AS mencapai rekor penutupan tertinggi pertama sejak Januari 2022 pada perdagangan Rabu (13/12) waktu setempat. Indeks S&P 500 dan Nasdaq masing-masing menguat lebih dari 1%.

Hal itu terjadi setelah The Fed kembali menahan suku bunga untuk kali ketiga beruntun dan memperkirakan bahwa bank sentral tersebut akan memangkas suku bunga sebanyak tiga kali pada tahun mendatang.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 512,3 poin, atau 1,4 persen, menjadi 37.090,24, S&P 500 bertambah 63,39 poin, atau 1,37 persen, menjadi 4.707,09 dan Nasdaq Composite bertambah 200,57 poin, atau 1,38  persen menjadi 14.733,96.

S&P 500 dan Nasdaq mencapai penutupan tertinggi baru untuk tahun ini. S&P 500 sekarang naik 22,6 persen untuk tahun ini, sedangkan Nasdaq naik 40,7 persen pada periode tersebut dan Dow naik 11,9 persen.

Dalam pernyataannya, The Fed mempertahankan suku bunga tetap stabil, seperti yang diharapkan, dan 17 dari 19 pejabat bank sentral itu dengan suara bulat memperkirakan kebijakan suku bunga akan lebih rendah pada akhir 2024.

The Fed sejak Maret 2022 telah menaikkan suku bunga sebesar 525 basis poin sebagai upaya mengendalikan inflasi.

“Pernyataan tersebut memberi tahu kita bahwa The Fed sedang melihat apa yang sudah mulai diabaikan oleh pasar, bahwa inflasi akan kembali normal tanpa resesi,” kata Tom Martin, manajer portofolio senior di Globalt Investments di Atlanta.

"Kami berharap hal ini akan terjadi, tapi kami tidak menyangka akan terjadi,” sambungnya.

“Itu adalah perubahan yang sangat agresif,” ujar Ben Luk, ahli strategi makro global di State Street Asia Limited, dikutip dari Reuters.

“The Fed telah mengikuti ekspektasi pasar dalam hal mengizinkan satu kali penurunan suku bunga lagi untuk ditambahkan pada (prospek) tahun 2024 dan 2025,” katanya. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.