Note

TikTok Jadi Pengendali Tokopedia, GOTO Beberkan Fakta-Fakta Ini

· Views 33
TikTok Jadi Pengendali Tokopedia, GOTO Beberkan Fakta-Fakta Ini
TikTok Jadi Pengendali Tokopedia, GOTO Beberkan Fakta-Fakta Ini (Foto MNC Media)

IDXChannel - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok resmi berkolaborasi untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Dalam kemitraan ini, TikTok menggelontorkan investasi sebesar USD1,5 miliar (Rp23,4 triliun) ke GOTO.

Dengan suntikan tersebut, Tiktok akan menjadi pemegang saham pengendali di Tokopedia dengan kepemilikan saham 75,01 persen.

Baca Juga:
TikTok Jadi Pengendali Tokopedia, GOTO Beberkan Fakta-Fakta Ini Resmi, Tiktok Investasi Rp23,3 T ke Tokopedia Milik GOTO

Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku regulator meminta penjelasan kepada manajemen GOTO perihal kemitraan strategis antara GOTO dan TikTok. 

Sekretaris Perusahaan GOTO, R A Koesoemohadiani mengatakan, jika penyelesaian rencana investasi dapat tercapai, maka akan terjadi perubahan pengendalian atas PT Tokopedia, di mana TikTok Pte. Ltd atau entitas afiliasi yang ditunjuknya, yakni TikTok akan memiliki 75,01% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh di Tokopedia, dan sisanya sebesar 24,99% akan tetap dimiliki oleh Perseroan.

Baca Juga:
TikTok Jadi Pengendali Tokopedia, GOTO Beberkan Fakta-Fakta Ini Tiktok Jadi Pengendali Tokopedia, Gelontorkan Rp23,4 Triliun ke GOTO

"Para pihak telah sepakat bahwa kepemilikan Perseroan di Tokopedia tidak akan mengalami dilusi lebih lanjut sebagai akibat dari pendanaan TikTok di masa mendatang," tegas dia dalam Keterbukaan Informasi BEI, Kamis (14/12).

Koesoemohadiani menegaskan, perseroan masih menghitung atau menilai dampak atas investasi TikTok sebesar Rp23,4 triliun ini terhadap keuangan perseroan. Sebab, transaksi investasi tersebut diperkirakan rampung pada kuartal I-2024. 

Baca Juga:
TikTok Jadi Pengendali Tokopedia, GOTO Beberkan Fakta-Fakta Ini GOTO dan TikTok Resmi Sepakati Kemitraan E-Commerce
Halaman : 1 2 3

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.